Penerapan model pembelajaran STAD dan TSTS berbantuan media ice cream stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat bagi siswa kelas Vc SDN Tunjungsekar 1 Malang / Umi Romadiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD dan TSTS berbantuan media ice cream stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat bagi siswa kelas Vc SDN Tunjungsekar 1 Malang / Umi Romadiyah

Romadiyah, Umi (2014) Penerapan model pembelajaran STAD dan TSTS berbantuan media ice cream stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat bagi siswa kelas Vc SDN Tunjungsekar 1 Malang / Umi Romadiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romadiyah Umi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran STAD dan Two Stay Two Stray Berbantuan Media Ice Cream Stick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran STAD dan Two Stay Two Stray media Ice Cream Stick motivasi belajar hasil belajar operasi hitung bilangan bulat. 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari jumlah siswa yang mencapai skor ketuntasan minimal sebesar 40%. Hasil identifikasi masalah pembelajaran di kelas tersebut diketahui bahwa penyebab rendahnya hasil belajar antara lain (1) siswa kesulitan memahami bilangan bulat terutama bilangan bulat negatif (2) siswa pasif dan kurang bersemangat dalam pembelajaran (3) model dan metode pembelajaran kurang bervariasi dengan dominasi guru melalui ceramah (4) minimnya penggunaan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi (5) siswa tidak berani dan takut bertanya bila menemui kesulitan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa dan penggunaan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Model Pembelajaran STAD dan Two Stay Two Stray berbantuan alat peraga Ice Cream Stick dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD dan Two Stay Two Stray berbantuan media Ice Cream stick untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas VC SDN Tunjungsekar 1 Malang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus ada 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah kelas VC dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah RPP lembar observasi soal tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu catatan observasi hasil wawancara dokumen hasil belajar dan foto kegiataan pembelajaran. Sedangkan data tentang aktivitas guru data keaktifan siswa motivasi belajar dan hasil belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran STAD dan TSTS berbantuan media Ice Cream stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata indikator motivasi pada akhir siklus I mencapai 3 3 dengan kriteria motivasi belajar cukup menjadi 4 5 dengan kriteria motivasi tinggi pada akhir siklus II (2) penerapan model pembelajaran STAD dan TSTS berbantuan media Ice Cream stick telah dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat dimana pada akhir siklus II sebanyak 80% siswa telah mencapai ketuntasan belajar minimal siklus I hanya 65 5% dan sebelum tindakan hanya 40%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran yang dapat mempermudah penyampaian materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62667

Actions (login required)

View Item View Item