Vitiarti (2014) Penerapan pembelajaran kontektual bermedia manik-manik untuk meningkatkan hasil belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas V SDN Karangbesuki IV Malang / Vitiarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Vitiarti. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Matematika Bermedia Manik-manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas V SDN Karangbesuki IV Kecamatan Sukun Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed. Kata Kunci hasil belajar media manik-manik pembelajaran kontekstual 12288 12288 12288 Hasil observasi dan studi dokumentasi pada pra penelitian diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat belum memenuhi KKM yang ditentukan maka perlu adanya terobosan baru dalam proses pembelajaran matematika pada kompetensi operasi hitung bilangan bulat dengan tepat. Ketidakoptimalan dari kualitas proses dan hasil tersebut disebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah masih sangat mendominasi kegiatan pembelajaran yang terjadi di kelas. Guru kurang mengembangkan media pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa dan mengkonkretkan proses penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Agar pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) maka perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran. Pembelajan kontekstual yang dipadukan dengan penggunaan media manik-manik dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat meningkat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan pembelajaran kontekstual matematika bermedia manik-manik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dan refleksi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat lebih tinggi setelah memperoleh pembelajaran kontekstual bermedia manik-manik daripada pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar kognitif ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal dan skor rata-rata uji kompetensi pada siklus II yang mampu melampaui KKM yang ditentukan. Kecenderungan ada peningkatan terhadap aktivitas siswa dalam belajar setelah memperoleh pembelajaran kontekstual bermedia manik-manik lebih tinggi pada silkus II daripada aktivitas siswa pada pratindakan yang memperoleh pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62666 |
Actions (login required)
View Item |