Amirusi, M. (2014) Penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia untuk meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas V SDN Banyukapah 1 Kedungdung Sampang) / M. Amirusi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Amirusi M. 2014. Penerapan Pendekatan PAKEM Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Banyukapah 1 Kedungdung Sampang). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (2) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci pendekatan PAKEM multimedia aktivitas motivasi dan hasil belajar IPS. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran IPS di SDN Banyukapah 1 Kedungdung Sampang telihat bahwa tingkat aktivitas dan motivasi belajar siswa masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang mendapat kesempatan untuk bertanya menjawab mengungkapkan gagasan dan rendahnya keinginan siswa untuk berkompetisi dan berprestasi. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh data dokumentasi hasil ulangan harian dengan rata-rata 63 19 dengan ketuntasan secara klasikal 18 75% sehingga masih jauh dari ketuntasan belajar klasikal. Peningkatan kualitas pembelajaran yang meliputi aktivitas motivasi dan hasil belajar hanya bisa dicapai bila didukung dengan proses pembelajaran yang efektif baik dari segi metode pendekatan media ataupun model pembelajarannya. Salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif dan mampu membuat siswa menjadi aktif termotivasi dan dapat meningkatkan hasil belajar adalah pendekatan PAKEM berbantuan multimedia. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia untuk meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar IPS 2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia 3) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia dan 4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan dilaksanakan dengan 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari atas 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banyukapah 1 Kedungdung Sampang yang berjumlah 16 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi angket studi dokumentasi wawancara catatan lapangan dan lembar tes. Analisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif dengan model alir (flow model). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia untuk meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar siswa dapat terlaksana secara optimal dengan persentase keterlaksanaan siklus I adalah 86% dan meningkat pada siklus II adalah 95%. 2) aktivitas belajar siswa meningkat dari pra tindakan yang sebesar 40% menjadi 78% (siklus I) dan 86% (siklus II) 3) motivasi belajar siswa meningkat dari pra tindakan yang sebesar 65% menjadi 80% (siklus I) dan 86% (siklus II) dan 4) hasil belajar IPS siswa meningkat dari pra tindakan rata-rata sebesar 63 19 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 18 75% menjadi rata-rata sebesar 76 00 atau ketuntasan belajar klasikal 93 75% (siklus I) dan rata-rata sebesar 82 00 atau ketuntasan belajar klasikal 100% (siklus II). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar IPS siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para guru di sekolah dasar untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilannya dalam meng-implementasikan pendekatan PAKEM berbantuan multimedia pada setiap proses pembelajaran sehingga aktivitas motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat serta tidak terbatas pada pelajaran IPS saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62665 |
Actions (login required)
View Item |