Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VIII SMP / Yuslia Mazidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VIII SMP / Yuslia Mazidah

Mazidah, Yuslia (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VIII SMP / Yuslia Mazidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mazidah Yuslia. 2014 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Kelas VIII SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hadi Suwono M.Si (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd Kata Kunci perangkat pembelajaran IPA terpadu inkuiri prestasi belajar Lingkup IPA meliputi kajian fisika biologi dan kimia.Lingkup IPA tersebut semestinya dibelajarkan dalam satu mata pelajaran IPA.Kenyatannya proses pembelajaran IPA masih terpisah antara fisika biologi dan kimia sehingga IPA terkesan terpisah-pisah.Hal ini menyebabkan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar IPA.Solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri. Perangkat pembelajaran IPA terpadu dapat memadukan tiga bidang kajian IPAyaitu fisika biologi dan kimia selainitu perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri dapat mengarahkan peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses menemukan produk pengetahuan. Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VIII SMP (2) menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan sehingga layak digunakan oleh guru dan peserta didik di sekolah (3) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri dalam meningkatan prestasi belajarIPA kelas VIII SMP. Tahap pengembangan menggunakan model 4 D dengan prosedur penelitian meliputi tahap Define Design Develop dan Disseminate. Validator ahli perangkat pembelajaran terdiri dari 2 orang dosen Universitas Negeri Malang dan 3 orang guru IPA di SMPN 4 Kraksaan. Validator keterbacaan terdiri dari 12 orang peserta didik.Hasil validasi pengembangan terdiri dari hasil validasi materi/isi penyajian dan bahasa. Uji efektivitas perangkat pembelajaran menggunakan rancangan Control Group Design Idari Thiagarajan (1974). Variabel bebas adalah penggunaan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri.Variabel terikat adalah prestasi belajar IPA.Sampel penelitian berasal dari peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Kraksaan sebanyak 72 peserta didik.Prestasi belajar IPA diukur menggunakan tes pilihan ganda.Analisis data menggunakan Anakova sebelum menggunakan Anakova dilakukan uji asumsi normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene s. Hasilpada tahap define ditentukan tiga KD dari bidang kajian yang berbeda dengan tema makanan sebagai sumber energi kemudian dijadikan suatu peta konsep sehingga dapat dirumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pada tahapdesign dihasilkanprototipe perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri. Hasil pada tahap develop menunjukkan validasi oleh ahli terhadap silabus94 2% RPP 90 8% Handout88 4% LKPD 89 2% dan instrumen penilaian 89 2%. Itu artinya bahwa perangkat pembelajaran sudah valid.Sedangkan hasil uji keterbacaan oleh peserta didik diperoleh hasil yang valid artinya peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam membaca bahan ajar.Hasil uji keefektivan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA.Aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan melalui hasil kerja dalam LKPD yang dibagikan.Prestasi belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan menggunakan perangkat pembelajaran IPA terpadu lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan menggunakan perangkat pembelajaran konvensional.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kurikulum 2006 bagi pengguna produk di sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 disarankan melakukan penyesuaian.Perlu melibatkan guru IPA serumpun dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA agar lebih terpadu.Produk pengembangan ini masih perlu disempurnakan lagi sebelum disebarkan lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62664

Actions (login required)

View Item View Item