Pengembangan modul berbasis potensi daerah Tretes sebagai pembelajaran tematik IPS terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa (di kelas VII SMP Negeri 1 Prigen Kabupaten Pasuruan) / Nurkholis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis potensi daerah Tretes sebagai pembelajaran tematik IPS terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa (di kelas VII SMP Negeri 1 Prigen Kabupaten Pasuruan) / Nurkholis

Nurkholis (2014) Pengembangan modul berbasis potensi daerah Tretes sebagai pembelajaran tematik IPS terpadu untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa (di kelas VII SMP Negeri 1 Prigen Kabupaten Pasuruan) / Nurkholis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurkholis 2014 Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Tretes Sebagai Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa (Di Kelas VII Smp Negeri 1 Prigen Kabupaten Pasuruan) Pembimbing (I) Prof. Dr.Hariyono M.Pd . (II) Dra. Hj.Siti Malikhah Towaf MA M.Pd Kata kunci Modul Potensi Daerah Tretes Pengembangan dan Kelayakan modul Prestasi Belajar siswa . Potensi daerah Tretes bisa dijadikan model pembelajaran di SMP Negeri 1 Prigen karena anak didik sebagian besar dari daerah Tretes. Anak didik dan pendidik memahami daerah Tretes sebagai kawasan wisata saja. Tretes sebagai kawasan yang meliputi kelurahan Pecalukan dan kelurahan Prigen menyimpan berbagai potensi yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran tematik IPS Terpadu dalam bentuk modul. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan modul Potensi Daerah Trertes pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Prigen Pasuruan 2) menguji kelayakan modul Potensi Daerah Trertes pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Prigen Pasuruan Penelitian ini merupakan jenis penelitian R D (Research and Develompemnt/ penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Gall dengan enam langkah pengembangan yaitu 1)Mencari potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi ahli 5) Revisi desain 6) Uji coba produk 7) Revisi produk 8) Uji coba pemakaian 9) Revisi produk 10) Produksi Masal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2013 sampai Januari 2014. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul Potensi Daerah Tretes. Subjek dalam penelitian ini adalah 58 siswa dari kelas VII di SMP Negeri 1 Prigen Pasuruan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi metode wawancara dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil uji ahli media menyatakan modul ini layak dan andal untuk digunakan dengan sebagai bahan ajar dengan beberapa revisi. Hasil uji ahli materi menyatakan bahwa model potensi daerah Tretes layak dan andal dijadikan bahan ajar. Sedangkan uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelompok besar menunjukkan bahwan modul potensi daerah Tretes layak dan andal untuk dijadikan bahan ajar pembelajaran IPS Terpadu. Hal ini terlihat dari hasil angket yang menyatakan bahwa sebanyak 58 siswa menunjukkan 30 siswa (52 04%) dalam kategori sangat setuju 19 siswa (32 45%) dalam kategori setuju dan 9 siswa (15 52 %) dalam kategori kurang setuju. Secara keseluruhan modul Potensi Daerah Tretes sangat menarik layak dan andal untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Prigen. Hasil penelitian berupa 1) modul Potensi Daerah Tretes yang sudah layak untuk pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Prigen 2) kelayakan modul Potensi Daerah Tretes untuk pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Prigen. Melalui tes diketahui bahwa dengan menggunakan modul ini prestasi anak didik mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil ulangan formatif sebelum menggunakan modul dan setelah menggunakan modul. Anak tertarik dengan modul potensi daerah Tretes karena apa yang disajikan dalam modul ini sudah biasa diamati oleh anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62662

Actions (login required)

View Item View Item