Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe standup-handup-pairup dan inside-outside circle untuk meningkatkan self-esteem serta hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII/A SMP Negeri 1 Biau, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah) / Seni Nurfahriani RM. Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe standup-handup-pairup dan inside-outside circle untuk meningkatkan self-esteem serta hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII/A SMP Negeri 1 Biau, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah) / Seni Nurfahriani RM. Arifin

Arifin, Seni Nurfahriani RM. (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe standup-handup-pairup dan inside-outside circle untuk meningkatkan self-esteem serta hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII/A SMP Negeri 1 Biau, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah) / Seni Nurfahriani RM. Arifin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurfahriani Seni. RM.Arifin. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dan StandUp-HandUp-PairUp untuk Meningkatkan Self-Esteem serta Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri I Biau Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah) Tesis Program Studi Pendidikan Dasar konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M. Ed M. Si. (II) Dr. Sunaryanto M. Ed Kata Kunci StandUp-HandUp-PairUp Inside-Outside Circle Self-Esteem Hasil Belajar IPS. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengamatan pada waktu pembelajaran IPS kelas VIII A ternyata disimpulkan bahwa pembelajaran yang mengarah pada peningkatan partisipasi siswa sehingga dapat meningkatkan harga diri (self-esteem) dan hasil belajar masih sangat kurang hal ini terlihat pada 1) Siswa sebagian besar enggan mengemukakan pendapat pada saat diskusi kelompok mereka merasa takut dan malu 2) Siswa lain tergantung pada ketua kelompok saja dan partisipasinya dalam kelompok sangat rendah untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya siswa yang lain sebenarnya bisa namun mereka malu ditertawai teman rata-rata self-esteem siswa rendah terdapat siswa yang kurang percaya diri 3) Guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan Tanya jawab biasa kadang-kadang diskusi kelas serta terlalu banyak materi yang harus dihafal dan dicatat oleh siswa tanpa didukung media dan model pembelajaran yang dapat mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan ketiga hal ini berdampak pada hasil belajar terbukti dari hasil belajar yang dicapai siswa masih banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Biau yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterterapan model pembelajaran tipe SHP dan IOC sehingga dapat meningkatkan Self-Esteem dan Hasil Belajar IPS di kelas VIII A SMP Negeri 1 Biau. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu oleh 2 guru IPS sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Biau Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A semester ganjil tahun 2012/ 2013 yang berjumlah 24 siswa 7 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan tes angket dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SHP dan IOS yakni (1) Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori baik dan telah memenuhi kriteria. (2) Self-Esteem Siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan termasuk kategori tinggi. (3) Hasil Belajar Siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan hal ini telah menunjukkan keberhasilan hasil belajar klasikal. (4) Hasil Respon dari 24 siswa semuanya memberikan respon tinggi dan hasilnya memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran ini. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan adalah 1) Kepada para Guru IPS dapat mempertimbangkan model pembelajaran tipe StandUp-HandUp-PairUp dan Inside-Outside Circle ini sebagai sebagai salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan dan siswa harus benar-benar memahami sintaks model pembelajaran ini dengan didukung media pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami materi IPS dalam mencapai ketuntasan belajar sehingga benar-benar dapat meningkatkan self-esteem dan hasil belajar. 2) Bagi Siswa diharapkan dengan penerapan model pembelajaran ini Self-Esteem semakin kuat sehingga tidak malu-malu dan takut lagi mengemukakan pendapat didepan teman-teman Siswa harus berani mengungkapkan perasaan dan mengambil sikap untuk mengemukakan pendapat sehingga perasaan diri sendiri menjadi lebih baik dan lebih percaya diri. 3) Bagi Peneliti selanjutnya penerapan model pembelajaraan kooperatif ini membutuhkan pengelolaan kelas waktu serta media yang baik dan efektif sehingga waktu dalam pembelajaran lebih efisien serta melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. 4) Bagi sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam peningkatan profesi guru hendaknya sekolah memberikan fasilitas yang mendukung para guru sehingga proses pembelajaran semakin meningkatkan mutu serta keprofesionalannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62660

Actions (login required)

View Item View Item