Pengembangan multimedia pembelajaran IPS materi lingkungan hidup kelas VIII di SMPN 2 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin / Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran IPS materi lingkungan hidup kelas VIII di SMPN 2 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin / Wicaksono

Wicaksono (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran IPS materi lingkungan hidup kelas VIII di SMPN 2 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin / Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Hidup Kelas VIII di SMPN 2 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi. M.Pd. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed M.Pd. Kata kunci multimedia pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial Lingkungan Hidup Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dan tidak bisa dihindari pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada SMP Negeri 2 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan pembelajaran masih mengacu pada buku paket pembelajaran menggunakan multimedia yang dilakukan selama ini masih belum optimal khususnya pada pembelajaran IPS di kelas VIII padahal sekolah tersebut sudah memiliki perangkat multimedia berupa laptop komputer dan LCD. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk CD multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP kelas VIII semester 1 materi lingkungan hidup yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan model ASSURE oleh Smaldino. Model ASSURE memiliki beberapa langkah yaitu (1) menganalisis karakterisik siswa (2) menentukan tujuan pembelajaran (3) memilih metode bahan dan strategi (4) menggunakan bahan metode dan strategi dalam pembelajaran (5) melibatkan siswa dalam pembelajaran (6) evaluasi dan revisi. Model ini dipilih karena model desain pembelajaran ini sangat sederhana dan mudah diimplementasikan oleh guru dan perancang program pembelajaran untuk menjamin desain pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar memotivasi proses belajar meningkatkan daya ingat terhadap materi pelajaran atau retensi dan mendorong siswa untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang sedang dipelajari. Hasil analisis data meliputi hasil validasi ahli validasi materi analisis efektivitas dan analisis kepraktisan produk. Berdasarkan hasil analisis ahli materi diperoleh hasil kevalidan mencapai 70% termasuk kategori Cukup Valid. Sedangkan uji ahli materi diperoleh hasil mencapai 94% dengan kriteria Sangat Valid. Uji keefektivan produk dilihat dengan menganalisis aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Untuk keaktifan siswa diperoleh hasil mencapai 91% dengan kriteria aktif dan 91 89 untuk hasil belajar dengan kriteria Tuntas. Sementara itu untuk uji kepraktisan produk dilihat melalui tanggapan guru dan siswa. Pencapaian hasil untuk tanggapan guru mencapai 90% dan untuk tanggapan siswa mencapai 91%. Rata-rata pencapaian untuk kepraktisan produk mencapai 90 50% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka saran yang diajukan pengembang berupa 1) saran pemanfaatan a) guru harus memahami dengan baik petunjuk penggunaan multimedia dan cara penggunaannya b) multimedia ini dapat digunakan oleh guru dalam memberikan pelajaran IPS tentang Lingkungan Hidup c) siswa harus memahami betul petunjuk penggunaan multimedia d) pembelajaran sebaiknya dilaksanakan di laboratorium komputer. 2) saran diseminasi diseminasi direncanakan diperlukan pada Sekolah Menengah Pertama di tingkat lokal seperti di Kecamatan Plakat Tinggi 3) saran pengembangan produk sebaiknya multimedia dibuat dalam bentuk 3D sehingga materi pembelajaran akan lebih menarik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62659

Actions (login required)

View Item View Item