Harmini, Sri (2014) Penerpan model pembelajaran numbered heads together menggunakan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajae IPS (studi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ponorogo) / Sri Harmini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Harmini Sri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Ponorogo). Tesis Program studi Pendidikan Dasar konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dr. H.Heri Pratikto M Si. Kata Kunci Numbered Heads Together Media Gambar Aktivitas belajar Hasil Belajar IPS Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 2 Ponorogo terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas VII C yaitu a) rendahnya hasil belajar siswa b) rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini terjadi karena a) model pembelajaran berpusat pada guru dengan sistem ceramah b) siswa hanya menjadi obyek pembelajaran c) materi IPS yang padat d) kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran NHT menggunakan media gambar. Model pembelajaran NHT menggunakan media gambar merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa dalam kelompok kecil meniadakan difusi tanggungjawab meningkatkan rasa percaya diri menjawab pertanyaan dan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti dibantu 4 guru IPS sebagai observer. Penelitian ini dilakukan di kelas VII C SMP Negeri 2 Ponorogo semester genap 2012-2013 dengan jumlah siswa 32 orang 12 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan empat kali pertemuan setiap siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data proses dan hasil. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan pembelajaran guru lembar observasi kegiatan pembelajaran oleh siswa lembar observasi aktivitas siswa tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analilsis data menggunakan teknik analisis kuallitatif dengan langkah yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian penerapan pembelajaran model NHT menggunakan media gambar adalah a) kegiatan pembelajaran oleh guru dapat terlaksana dengan sangat baik pada siklus I 87 59% menjadi 97 07% pada siklus II. Kegiatan pembelajaran oleh siswa mencapai 70 16% pada siklus I dan 87 07% pada siklus II b) meningkatkan aktivitas belajar IPS.Aktivitas belajar siswa mencapai 62 76% pada siklus I menjadi 80 16% pada siklus II c) meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil belajar pada siklus I 75% menjadi 96 88% pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan kepada pengajar IPS a) memberikan motivasi yang besar pada siswa agar siswa lebih kompak dan aktif dalam bekerjasama menyelesaikan tugas b) memberikan penjelasan lebih detail tentang penerapan model NHT menggunakan gambar dan unsur-unsur yang dinilai agar siswa lebih paham dan mengerti mengenai penilaian dan penerapannya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif c) memberikan reward pada siswa sehingga siswa lebih berani menjawab pertanyaan guru tanpa ragu dan malu d) bimbingan secara merata pada setiap kelompok sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Hendaknya sekolah memberikan fasilitas dan mendukung para guru sehingga proses pembelajaran semakin meningkat mutunya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62658 |
Actions (login required)
View Item |