Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial pada SMP Negeri 1 Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan / Adriawan Dj. Lumuan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial pada SMP Negeri 1 Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan / Adriawan Dj. Lumuan

Lumuan, Adriawan Dj. (2014) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial pada SMP Negeri 1 Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan / Adriawan Dj. Lumuan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lumuan Dj Adriawan. 2013 Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS di SMP Negeri 1 Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II) Dr. H. Heri Pratikto M.Si. Kata kunci pemanfaatan lingkungan sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Pembelajaran IPS yang dirancang dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tinangkung seharusnya merupakan pembelajaran yang mampu memberikan makna yang mendalam bagi siswa. Skenario pembelajaran IPS yang disusun guru semestinya mampu membawa siswa memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna. Pendekatan pembelajaran yang dipilih seharusnya adalah pendekatan yang lebih memberikan porsi keterlibatan siswa lebih banyak dalam belajar bahan dan sumber belajar diambil dari lingkungan yang dekat dengan siswa (contextual learning). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang 1) Apa sajakah potensi lingkungan yang bisa dimanfaatkan sebaga sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Tinangkung 2) Bagaimana kaitan antara lingkungan dengan materi pembelajaran IPS di tingkat SMP. 3) Bagaimana guru melaksanakan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di SMP Negeri 1 Tinangkung. 4) Apa sajakah faktor yang mempengaruhi guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Tinangkung. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumen. Sumber data adalah kepala sekolah guru dan siswa SMP Negeri 1 Tinangkung. Penulis sebagai instrumen kunci dalam penelitian ini. Langkah-langkah analisis dalam penelitian ini melalui reduksi data paparan data interpretasi penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini trianggulasi sumber data data dan metodologi dilakukan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sudah dilakukan walaupun belum maksimal hal ini karena (1) pembelajaran IPS yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tinangkung masih dilakukan secara terpisah-pisah antara sejarah ekonomi dan geografi (2) kurangnya tingkat pemahaman guru dan kepala sekolah terhadap sumber belajar IPS di sekitar sekolah SMP Negeri 1 Tinangkung (3) kurangnya tingkat pemahaman terhadap pembelajaran kontexstual berbasis tema dalam pembelajaran IPS (4) faktor materi biaya waktu yang sangat terbatas dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran IPS. Selanjutnya potensi lingkungan yang ada di sekitar SMP Negeri 1 Tinangkung cukup tersedia untuk menunjang proses pembelajaran. Potensi tersebut terdiri dari potensi yang sudah tersedia di sekolah dan diperuntukan untuk pembelajaran. Dan potensi yang tersedia di luar sekolah dan dapat di manfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPS. Keberadaan monumen trikora pasar bank lingkungan alam dan aktifitas masyarakat di sekitar lingkungan sekolah menjadi sumber belajar yang sangat terkait dengan materi IPS. Dari penelitian ini disarankan 1) bagi guru IPS khususnya di SMP Negeri 1 Tinangkung perlu memaksimal pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar 2) guru perlu mengembangkan bahan ajar IPS dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang berada di sekitar lingkungan SMP Negeri 1 Tinangkung. 3) Bagi kepala sekolah dapat memberikan peluang seluas-luasnya kepada guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar IPS. 4) Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai Kepulauan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan kajian untuk menetukan kebijakan terkait dengan proses pendidikan di Kabupaten Banggai Kepulauan. 5) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam dengan menambahkan variabel yang terkait dengan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62657

Actions (login required)

View Item View Item