Setya, Anggun Prana (2014) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Taliwang pada mata pelajaran IPS / Anggun Prana Setya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prana S. Anggun. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Taliwang pada Mata Pelajaran IPS. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar IPS. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Sunaryanto M. Ed. Kata Kunci lingkungan keluarga motivasi belajar prestasi belajar. Keberhasilan siswa dalam menggapai prestasi belajar yang baik pada umumnya dipengaruhi beberapa faktor yang dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu faktor yang bersumber dari dalam diri siswa (internal) dan faktor yang bersumber dari luar diri siswa (eksternal). Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menggapai prestasi belajar. Peran lingkungan keluarga begitu penting karena pada lingkungan inilah siswa banyak mengahbiskan waktu kesehariannya. Selain itu lingkungan keluarga merupakan pengaruh pertama dan utama bagi kehidupan pertumbuhan dan perkembangan seseorang termasuk dalam hal prestasi belajar. Sedangkan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi belajar. Dalam proses belajar mengajar motivasi belajar sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar. Karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki motivasi kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan tingkat eksplanasinya penelitian ini termasuk penelitian assosiatif yang bersifat kausal. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Variabel dari penelitian ini terdiri dari lingkungan keluarga sebagai variabel eksogen motivasi belajar sebagai variabel intervenning dan prestasi belajar sebagai variabel endogen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII VIII dan IX di SMPN 4 Taliwang pada tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 249 siswa. Sedangkan sampel penelitiannya sejumlah 154 siswa yang diambil secara proportional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dengan melihat pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini dapat diartikan bahwa lingkungan keluarga yang kondusif dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu lingkungan keluarga juga berpengaruh langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Dengan kata lain semakin kondusif suatu lingkungan keluarga seorang siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperolehnya. Sementara itu diketahui pula bahwa motivasi belajar berpengaruh langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Artinya bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa maka tinggi pula prestasi belajar yang diperolehnya. Selain itu dapat diketahui pula bahwa melalui motivasi belajar lingkungan keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar IPS. Dengan kata lain melalui peningkatan motivasi belajar lingkungan keluarga siswa yang kondusif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa itu sendiri. Pengaruh tidak langsung yang positif menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat memperkuat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis di atas saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Bagi Orang Tua Siswa setiap orang tua diharapkan mampu menciptakan kondisi lingkungan keluarga yang harmonis guna membangktikan motivasi belajar siswa dalam mencapai prestasi yang maksimal di sekolah. Selain itu keluarga juga diharapkan memiliki kesadaran tentang arti pentingnya pendidikan bagi masa depan anak 2) Bagi Sekolah melalui kebijakan-kebijakannya diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi siswa dalam rangka pencapaian prestasi belajar siswa itu sendiri 3) Bagi Guru dalam proses belajar mengajar guru diharapkan mampu menggali dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal 4) Bagi Siswa setiap siswa diharapkan mampu menggali dan meningkatkan motivasi belajarnya sendiri untuk mendapatkan prestasi belajar yang maksimal di sekolah 5) Bagi Penelitian Selanjutnya penelitian selanjutnya diharapkan mampu memperluas cakupan populasi yang akan digunakan dalam penelitian serupa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62656 |
Actions (login required)
View Item |