Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi kasus pada siswa kelas VIII SMPN 2 Dringu Kabupaten Probolinggo) / Yuyun Wahyu Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi kasus pada siswa kelas VIII SMPN 2 Dringu Kabupaten Probolinggo) / Yuyun Wahyu Utami

Utami, Yuyun Wahyu (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi kasus pada siswa kelas VIII SMPN 2 Dringu Kabupaten Probolinggo) / Yuyun Wahyu Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utami Yuyun Wahyu. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belahar IPS (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Dringu Kabupaten Probolinggo). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr.H. Heri Pratikto M.Si. Keyword Think Pair Share media gambar motivasi belajar hasil belajar Hasil pengamatan pada waktu pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Dringu di kelas VIII E diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran yang diajarkan. Guru banyak mengalami kendala yaitu (1) Motivasi siswa yang kurang (2) hasil belajar yang belum tuntas diketahui dari 39% yaitu 11 siswa mendapat nilai di bawah KKM 70 sedangkan 61% yaitu 14 siswa yang mendapat nilai di atas KKM 70. Maka diperlukan suatu upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media gambar sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang setiap siklus terdiri 4 komponen perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini sebagai perencana pelaksana tindakan pengumpul data penganalisis penafsir data dan pelapor hasil penelitian.Subyek penelitian adalah siswa SMPN 2 Dringu Kabupaten Probolinggo kelas VIII E sebanyak 25 orang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi angket dan pelaksanaan tes. Analisa data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan menggunakan media gambar yaitu (1) hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori sangat baik pada siklus I diperoleh 88% dan siklus II diperoleh 99% mengalami peningkatan 11%. Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa termasuk kategori baik dari siklus I 63% dan siklus II 87% mengalami peningkatan 24%. (2) meningkatnya motivasi siswa dari siklus I 85% dan siklus II 87% mengalami peningkatan 2% (3) meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus I 72% dan siklus II 96% mengalami peningkatan 14%. (3) Hasil Respon dari 25 siswa memberikan respon baik dengan rata-rata nilai responnya 86%. Saran yang diberikan adalah (1) guru agar dapat menerapkan metode TPS menggunakan media gambar diterapkan lagi pada materi IPS yang sesuai dengan karakteristik siswa (2) guru agar melakukan pengelolaan kelas dan waktu yang baik saat menerapkan TPS menggunakan media gambar (3) guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif agar siswa terbiasa aktif (4) Sekolah memberikan fasilitas dan mendukung para guru sehingga peoses belajar mengajar meningkat mutunya (5) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan mengkolaborasi berbagai model dengan media pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran semakin berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62654

Actions (login required)

View Item View Item