Yudiana, Arin (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan efikasi diri siswa (studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Babat Lamongan) / Arin Yudiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yudiana Arin.2013.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS dan Efikasi Diri Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Babat Lamongan). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. (II) Dra. Hj.Siti Malikhah Towaf M.A.Ph.D Kata Kunci Quiz-quiz trade inside-outside circle hasil belajar IPS efikasi diri siswa. Hasil pengamatan pada waktu pembelajaran IPS kelas VIII C di SMP Negeri 4 Babat diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran yang diajarkan. Guru banyak mengalami kendala yaitu (1)keyakinan diri siswa yang rendah (2) hasil belajar yang rendah diketahui dari 65% yaitu 14 siswa mendapat nilai di bawah KKM 75 sedangkan hanya 35% yaitu 8 siswa yang mendapat nilai di atas KKM 75. Maka diperlukan upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe QQT dan IOC. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe QQT dan IOC sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan efikasi diri siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai paritisipan penuh dengan dibantu oleh 2 guru IPS sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Babat Kabupaten Lamongan dengan subyek penelitian siswa kelas VIII C semester genap tahun 2012/ 2013 berjumlah 22 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan observasi tes angket dan dokumen. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe QQT dan IOC yaitu (1) Keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru dan siswa termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (2) Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus mengalami peningkatan (3) Efikasi diri siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (4) Hasil Respon dari 22 siswa semuanya yang memberikan respon tinggi dan berdasarkan pertanyaan yang diberikan kepada sub subyek penelitian hasilnya memberikan respon baik. Saran yang diberikan adalah (1) Model pembelajaraan kooperatif tipe QQT dan IOC dapat dijadikan pilihan dalam proses pembelajaran di kelas. (2) Dibutuhkan pengelolaan kelas dan waktu yang baik sehingga waktu dalam pembelajaran lebih efektif karena model pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. (3) Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif agar siswa terbiasa terlibat aktif. (4) Guru harus menjelaskan secara rinci langkah-langkah model pembelajaran dan mengamati proses pembelajaran secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62653 |
Actions (login required)
View Item |