Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback (studi pada kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo) / Masrofik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback (studi pada kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo) / Masrofik

Masrofik (2014) Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback (studi pada kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo) / Masrofik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masrofiq. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Round Table dan Carousel Feedback ( Studi pada Kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Motivasi belajar hasil belajar IPS Round Table dan Carousel Feedback. Kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo selama ini sebagian besar masih menggunakan pembelajaran model konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Keadaan ini ternyata berimplikasi kepada motivasi belajar serta hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini diketahui dari hasil wawancara peneliti dengan sebagian besar siswa serta dari hasil ulangan harian IPS semester gasal tahun pelajaran 20012/2013. Dari hasil tes awal juga diketahui bahwa dari 17 siswa yang ada tidak seorangpun mendapatkan nilai yang mencapai atau melampaui KKM yang ditentukan sebesar 75. Untuk mengatasi permasalahan ini guru perlu menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Dua model pembelajaran yang diyakini mampu memenuhi hal tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII B berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi kuesioner tes serta dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif . Data yang dianalisis adalah data tentang keterlaksanaan model pembelajaran motivasi belajar siswa hasil tes serta respon siswa. Dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Krucil Probolinggo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa dari tingkat sedang pada siklus I menjadi tinggi pada siklus II. Ketuntasan belajar secara individu dan klasikal dapat dicapai pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Keterlaksanaan model pembelajaran dapat dilaksanakan dengan sangat baik pada siklus I maupun siklus II. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa merespon dengan baik kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Disarankan sebelum penerapan pembelajaran kooperatif model Round Table dan Carousel Feedback siswa perlu mendapat penjelasan secara mendalam tentang tahap-tahap pelaksanaan model pembelajaran sehingga bisa melaksanakan dengan lancar. Materi pelajaran juga perlu dipilih materi yang tidak terlalu luas pembahasannya agar sesuai dengan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62651

Actions (login required)

View Item View Item