Peningkatan keterampilan menulis huruf tegak bersambung melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang / Nuril Qurroti A'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis huruf tegak bersambung melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang / Nuril Qurroti A'yun

A'yun, Nuril Qurroti (2016) Peningkatan keterampilan menulis huruf tegak bersambung melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang / Nuril Qurroti A'yun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yun Nuril Qurroti. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 3 Kab. Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Drs. Rumidjan M.Pd. 2) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd. M.Pd Kata kunci Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Keterampilan Menulis Tegak Bersambung SD Menulis tegak bersambung merupakan keterampilan menulis permulaan yang wajib dipelajari siswa di kelas I dan II. Namun kenyataannya siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 masih terdapat 11 siswa atau sekitar 50% dari jumlah keseluruhan 23 siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Minimal Ketuntasan (KKM) yaitu 70. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang permasalahan yang sering muncul pada siswa dalam menulis tegak bersambung yaitu masalah ketepatan ejaan kejelasan tulisan dan kerapian. Pada pembelajaran menulis tegak bersambung sebelumnya guru belum pernah menggunakan metode SAS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode SAS pada pembelajaran menulis tegak bersambung di kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang serta mengupayakan peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan subyek seluruh siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan berkolaborasi dengan guru kelas II serta teman sejawat sebagai observer. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) yang melalui beberapa langkah yaitu siswa menulis kalimat mengurai kalimat menjadi kata suku kata dan huruf selanjutnya siswa merangkai huruf menjadi suku kata kata dan kembali menjadi kalimat utuh seperti semula. Hasil dari penerapan metode SAS pada pembelajaran menulis tegak bersambung menunjukkan bahwa nilai rata-rata rekapitulasi proses menulis siswa dan hasil belajar pada siklus I mencapai 81 4 dengan persentase ketuntasan 91%. Pada siklus II nilai rata-rata rekapitulasi proses menulis siswa dan hasil belajar meningkat menjadi 84 dengan persentase ketuntasan 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SAS dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. Saran yang diberikan yaitu guru sebaiknya memberikan materi secara terpadu dan memberikan latihanl tambahan untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis tegak bersambung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item