Torohula, Jufri (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Make A Match dan Quiz-Quiz Trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kolaka) / Jufri Torohula. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Torohula Jufri. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Make a Match Dan Quiz-quiz Trade Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS (Studi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Kolaka). Tesis Program Studi Pendidikan dasar Konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M Si. 2) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata Kunci Make A Match Quiz-quiz Trade Keterampilan Sosial Hasil Belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di SMP Negeri 3 Kolaka terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas VIII A yaitu a) rendahnya nilai-nilai keterampilan sosial siswa b) rendahnya hasil belajar IPS c) pembelajaran bersifat Teacher centered dan d) guru belum mampu menerapkan model-model pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif kolaborasi Make a match dan Quiz-quiz trade. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk saling berkomunikasi dan menerima transformasi ilmu dari rekan sebayanya sehingga siswa akan lebih akrab dan mudah memahami ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan sikap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS yang lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Kolaborasi Make a match dan Quiz-quiz trade untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kolaka. Pendekatan penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti sebagai partisipan penuh serta dibantu oleh 3 orang teman sejawat selaku observer dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 3 Kolaka semester Genap Tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 orang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan empat kali pertemuan setiap siklusnya. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data proses dan hasil. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan pembelajaran guru lembar observasi kegiatan pembelajaran siswa lembar observasi keterampilan sosial siswa lembar tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan Langkah-langkah yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa a) penerapan pembelajaran kolaborasi model Make a match dan Quiz-quiz trade dapat terlaksana dengan sangat baik hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran oleh guru berada pada kriteria baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Sedangkan kegiatan pembelajaran oleh siswa berada pada kriteria baik pada siklus I dan kriteria sangat baik pada siklus II b) penerapan pembelajaran kolaborasi model Make a match dan Quiz-quiz trade dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa hal ini dapat dilihat dari keterampilan sosial siswa berada pada kategori sedang pada siklus I dan meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II. c) penerapan pembelajaran kolaborasi model Make a match dan Quiz-quiz trade secara klasikal mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII A SMP Negeri Kolaka d) penerapan pembelajaran kolaborasi model Make a match dan Quiz-quiz trade dapat meningkatkan sikap keterampilan sosial siswa hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi lembar angket keterampilan sosial siswa yang menunjukkan sikap siswa berada pada kriteria tinggi serta respon siswa terhadap model pembelajaran mengatakan sangat senang dengan penerapan model ini. Dari penelitian ini disarankan kepada guru IPS a) menggunakan pembelajaran kooperatif kolaborasi model Make a match dan Quiz-quiz trade sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS b) menerapkan model pembelajaran lain di dalam kelas dengan memperhatikan tujuan materi dan karakteristik siswa c) menggunakan media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan d) untuk peneliti lainnya agar menekankan ketiga aspek penilaian kognitif afektif dan psikomotor dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62649 |
Actions (login required)
View Item |