Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student team Achievement Division (STAD) dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Kecamatan Ponorogo) / Siti Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student team Achievement Division (STAD) dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Kecamatan Ponorogo) / Siti Munawaroh

Munawaroh, Siti (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student team Achievement Division (STAD) dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Kecamatan Ponorogo) / Siti Munawaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munawaroh Siti.2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dengan bantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasi Belajar IPS (Studi pada sisw kelas VIII A SMP Negeri 5 Kecamata Ponorogo) Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.Wahjoedi M.E.Pembimbing (II) Prof. Dr. Hariyono M. Pd. Kata Kunci Student Team Achievement Division Media Gambar motivasi belajar hasil belajar IPS. Hasil pengamatan pada waktu pembelajaran IPS kelas VIII A di SMP Negeri 5 Kecamatan Ponorogo diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran yang diajarkan. Guru mengalami masalah yaitu (1) motivasi belajar siswa renadah (2) hasil belajar yang rendah diketahui dari 61 53% yaitu 26 siswa mendapat nilai di bawah KKM 76 sedangkan hanya 38 46% yaitu 10 siswa yang mendapat nilai di atas KKM 76. Diperlukan suatu upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media gambar sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu oleh 3 guru IPS sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kecamatan Ponorogo dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A semester genap tahun 2012/ 2013 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan observasi tes wawancara dan angket motivasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar yaitu (1) Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori baik pada siklus I diperoleh 84 13% dan siklus II diperoleh 97 00% mengalami peningkatan 12 87%. Hasil observasi penerapan model pembelajaran oleh siswa termasuk kategori baik dari siklus I 75% dan siklus II 93 99% mengalami peningkatan 18 99%. (2) Meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus I 87 77%% dan siklus II 96 15% mengalami peningkatan 15 38%. (3) Meningkatnya motivasi belajar siswa siklus I 75 % menjadi 93 21% pada siklus II mengalami peningkatan 18%. dan berdasarkan pertanyaan yang diberikan kepada subyek penelitian hasilnya memberikan tanggapan baik. Saran yang diberikan adalah (1) Model pembelajaran koopeatif tipe STAD cocok untuk nanaman konsep namun hendaknya dimodifikasi dengan sumber belajar yang lain. (2) Hendaknya guru lebih kreatif dan inovatif serta mampu menjadi konselor bagi siswanya dan memahami karakteristik siswa sehingga kesulitan belajar siswa dapat diatasi. (3) Kepala sekolah hendaknya dapat mendorong guru untuk menerapkan berbagai model pembelajaran kooperatif karena dapat memacu siswa untuk saling memotisiswa dalam belajar. (4) Bagi dinas pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pembinaan peningkatan mutu sekolah dan peningkatan profesionalisme guru dengan penerapan model pembelajaran yang efektif dan inovatif. (5) Bagi peneliti berikutnya hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian yang lainnya diwaktu yang akan datang dengan mengembangkan aspek-aspek motivasi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62648

Actions (login required)

View Item View Item