Pengaruh model pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Sambelia Kabupaten Lombok Timur / Atharuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Sambelia Kabupaten Lombok Timur / Atharuddin

Atharuddin (2014) Pengaruh model pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri Sambelia Kabupaten Lombok Timur / Atharuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Atharuddin. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Lingkaran Dalam Lingkaran Luar Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. (II) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Kata kunci Lingkaran Dalam Lingkaran Luar Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar. Pendidikan memegang peranan yang sangat besar terhadap harkat manusia. Memaksimalkan potensi manusia atau memanusiakan manusia sehingga bermartabat dan bermoral yang baik serta dapat mempergunakan pikiran emosi dan jiwa secara seimbang. Pendidikan memberikan latihan bimbingan ajaran dan pembelajaran terhadap anak untuk mengkonstruksikan pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Demikian halnya pendidikan IPS yang bertujuan membantu siswa dalam mengkonstruksikan dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan sosialnya. Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran yang mampu mewujudkan tujuan tersebut yaitu dengan pembelajaran kooperatif lingkaran dalam lingkaran luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Subyek penelitian berjumlah 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Instrumen penelitian berupa angket keterampilan sosial dan tes hasil belajar. Skor pretes dan postes kelas eksperimen dibandingkan dengan skor pretes dan postes kelas kontrol. Skor postes dikurangi skor pretes yang menghasilkan gain score. Teknik analisis yang digunakan uji t (Independent samples test) dengan program SPSS versi 20 for windows. Berdsarkan hasil uji t didapat nilai sig pada variabel keterampilan sosial di dapat sig 0 001 dan variabel hasil belajar di dapat sig 0 001. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa sig 0 05 berarti keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa pada kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar meningkat signifikan jika dibandingkan dengan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran model lingkaran dalam lingkaran luar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Bertolak dari hasil penelitian dapat dikemukan bahwa model pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa karena lingkaran dalam lingkaran luar merupakan pembelajaran kolaboratif bermain untuk belajar yang sangat disukai terutama oleh anak-anak dan dapat dicobakan untuk semua tingkatan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62645

Actions (login required)

View Item View Item