Nurfarida, Hanna (2014) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif plasma cluster untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ponorogo / Hanna Nurfarida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurfarida Hanna. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Plasma Cluster untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Ponorogo. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Endang Budiasih M. S. Kata kunci Strategi Pembelajaran Kooperatif PlasmaCluster Keaktifan Hasil Belajar Kognitif Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di Kelas VIIC SMP Negeri 2 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 diperoleh suatu fakta bahwa strategi pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode pembelajaran yang dominan yaitu ceramah diskusi dan tanya jawab. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pemikiran dalam menemukan konsep pembelajaran secara mandiri belum terlihat adanya interaksi antar siswa maupun antara siswa dengan guru. Keaktifan siswa rendah dan hasil belajar siswa lebih dari 60% belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif plasma cluster diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif IPA siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dimana pada setiap siklus terdapat 3 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan dan (3) refleksi. Pada setiap pertemuan dalam tahap pelaksanaan tindakan diterapkan strategi pembelajaran kooperatif plasma cluster dengan pola lesson study. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014 yang merupakan rombel yang sama dengan kelas VIIC pada tahun pelajaran sebelumnya. Kelas VIIIC merupakan kelas khusus olahraga dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif plasma cluster dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif IPA siswa. Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 61 36% yang meningkat 8 14% menjadi 69 50% pada siklus II. Pada siklus III persentase keaktifan siswa meningkat lagisebesar 6 15% menjadi 75 65%. Dari tujuh aspek keaktifan yang diamati persentase keaktifan bertanya pada siklus I sangat rendah yaitu sebesar 50% dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II persentase keaktifanbertanya sebesar 64.5% dengan kriteria baik dan pada siklus III sebesar 74.6% dengan kriteria baik. Selain keaktifan bertanya kerja sama siswa dalam kelompok padasiklus I juga menunjukkan kriteria cukup baik dengan persentase sebesar 56 67%. Pada siklus II persentase kerja sama dalam kelompok sebesar 67% dengan kriteria baik dan pada siklus III sebesar 75% dengan kriteria baik.Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari 67.44 padasiklus I menjadi 70.34 padasiklus II danmeningkatlagimenjadi 76.00 pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikalpada pada siklus I 40 63% sedangkan pada siklus II 53 13% terjadi peningkatan sebesar 12 5%. Persentase ketuntasan pada pada siklus III 71 88% terjadi peningkatan sebesar 18 75%. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif plasma cluster dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ponorogo. Dengan pembelajaran plasma clusterpembelajaran akan berpusat pada siswa terjadi cooperative learning siswa dituntut untuk aktif dan kreatif yang pada akhirnya dapat memahami materi dengan lebih mudah. Disarankandalam pelaksanaan pembelajaran di kelasperlu adanya variasi strategi pembelajaran yang bisa diterapkan salah satunya adalah strategi pembelajaran kooperatif plasma cluster. Guru juga dapat menerapkan strategi pembelajaran yang telah digunakan dengan mengkombinasikan strategi pembelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62644 |
Actions (login required)
View Item |