Mukrin (2014) Penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 1 Lolu Palu / Mukrin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mukrin. 2013. Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Lolu Palu. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dra. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D (2) Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D Kata Kunci media audio-visual pembelajaran Bahasa Inggris hasil belajar Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang dianggap penting yang diajarkan untuk penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni budaya. Keberadaan kurikulum muatan lokal Bahasa Inggris di Sekolah Dasar dirasa sangat perlu untuk meningkatkan kualitas produk pendidikan dasar di Indonesia yang masih dalam upaya peningkatan. Kelemahan pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia adalah pembelajaran Bahasa Inggris mengikuti apa yang ada di buku teks dan sangat jarang guru menggunakan media pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran yang diyakini dapat lebih menggairahkan minat belajar siswa dalam pembelajaran di kelas adalah media audio-visual. Media audio-visual juga merupakan salah satu sarana alternatif dalam melakukan proses pembelajaran berbasis teknologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 1 Lolu Palu . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres 1 Lolu Palu Jalan RA. Kartini No. 18 Kelurahan Lolu utara Kecamatan Palu Timur Sulawesi Tengah. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres 1 Lolu Palu semester 2 tahun 2012/2013 berjumlah 43 siswa. Penelitian dalam kegiatan ini dilakukan kedalam dua siklus dalam siklus tersebut terdiri dari dua kali pertemuan. Dari kegiatan penelitian ditemukan beberapa hasil penelitian sebagai berikut (1) Penggunaan media audio-visual pada pembelajaran Bahasa Inggris dalam penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Dalam pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan media audio visual dilakukan dalam beberapa tahapan. Pertama siswa memperhatikan slide yang ditampilkan oleh guru. Kedua guru memancing aktivitas dan kreativitas siswa melalui tayangan gambar yang ada di slide. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui tanya jawab tentang suara dan gambar yang ditampilkan pada slide dengan sistem bilingual. Ketiga siswa mendalami materi melalui kerja kelompok dengan mengerjakan LKS. Keempat siswa secara individu mengerjakan soal evaluasi. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan media audio-visual berada pada kategori sangat baik dengan respon positif. Dari kegiatan penelitian ini terdapat beberapa saran antara lain (1) Bagi pendidik disarankan agar dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat menggunakan media audio-visual karena Media audio-visual pada pembelajaran Bahasa Inggris merupakan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi Kepala Sekolah disarankan untuk memberikan motivasi kepada para pendidik untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan memanfaatkan media pembelajaran khususnya media audio-visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu disarankan kepada kepala sekolah untuk menyediakan fasilitas media yang diperlukan oleh para guru khususnya media audio visual dan (3) Bagi peneliti lain disarankan lebih lanjut untuk melakukan penelitian tentang penggunaan media audio-visual lain dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62642 |
Actions (login required)
View Item |