Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together kolaborasi Cooperative Review untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Syarifah Aziziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together kolaborasi Cooperative Review untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Syarifah Aziziah

Aziziah, Syarifah (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together kolaborasi Cooperative Review untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Syarifah Aziziah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aziziah Syarifah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Kolaborasi Cooperative Review untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 20 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Numbered Heads Together Cooperative Review Keaktifan Hasil Belajar IPS Studi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif dengan Numbered Heads Together (NHT) dan pengaruhnya terhadap keaktifan dan hasil belajar sudah sering dilakukan. Namun penerapan NHT kolaborasi dengan Cooperative Review (CR) masih sangat sedikit dilakukan. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa tindakan guru dalam pembelajaran IPS di kelas belum mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Temuan penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Cooperative Review(CR) mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar seperti penelitian yang dilakukan oleh popy ( 2009) Esti (2009) Karim (2012) dan Suharti (2012). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efek keaktifan belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berkolaborasi dengan Cooperative Review pada mata pelajaran IPS siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus yang setiap siklus terdiri 4 komponen perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini sebagai perencana pelaksana tindakan pengumpul data penganalisis penafsir data dan pelapor hasil penelitian. Kancah dan subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 20 Kota Malang kelas 8 D sebanyak 40 orang terdiri atas 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan dua pertemuan penerapan model NHT dan satu kali pertemuan Cooperative Review untuk masing-masing siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi angket dokomentasi dan pelaksanaan tes. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran NHT berkolaborasi dengan CR telah terlaksana sangat baik guru dan siswa melaksanakan tindakan proses pembelajaran sesuai RPP yang dibuktikan dengan lembar observasi guru yang sudah menunjukkan kategori sangat baik guru melakukan tindakan perbaikan dalam sistem pembelajaran memperbaiki situasi kelas dan meningkatkan pengelolaan kelas (2) setelah penerapan model pembelajaran NHT berkolaborasi CR keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12 07% dari 73 76% pada siklus I menjadi 85 83% pada siklus II dengan indikator siswa belajar dengan antusias aktif dan bersemangat (3) penerapan model pembelajaran NHT berkolaborasi dengan CR mampu meningkatkan hasil belajar dengan baik (pada siklus I hasil belajar 73 1 dengan daya serap klasikal 75 0% pada siklus II hasil belajar rata-rata 80 4 dengan daya serap klasikal 97 5% (4) hambatan yang ditemukan selama penerapan model pembelajaran adalah bagi siswa model pembelajaran masih baru sehingga membutuhkan waktu penyesuaian diri solusinya dengan membentuk kelompok lebih kecil mendampingi siswa mengatur tempat. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran ini untuk dijadikan acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peneliti selanjutnya supaya dapat dijadikan rujukan dan dapat menerapkan model pembelajaran yang relevan yang disesuaikan dengan kondisi dan latar belakang siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62641

Actions (login required)

View Item View Item