Peran pembelajaran biologi dan orang tua untuk mendukung siswa kelas VIII dalam upaya menjaga kesehatan )studi kasus di SMP Negeri 2 Kota Madiun) / Agung Sugiharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pembelajaran biologi dan orang tua untuk mendukung siswa kelas VIII dalam upaya menjaga kesehatan )studi kasus di SMP Negeri 2 Kota Madiun) / Agung Sugiharto

Sugiharto, Agung (2013) Peran pembelajaran biologi dan orang tua untuk mendukung siswa kelas VIII dalam upaya menjaga kesehatan )studi kasus di SMP Negeri 2 Kota Madiun) / Agung Sugiharto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sugiharto Agung. 2013. Peran Pembelajaran Biologi dan Orang tua Untuk Mendukung Siswa Kelas VIII Dalam Upaya Menjaga Kesehatan (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kota Madiun) Tesis Pendidikan Dasar IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (II) Dr. Hadi Suwono M.Si Kata kunci peran pembelajaran biologi orang tua upaya menjaga kesehatan. Masalah kesehatan yang dialami siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sangat kompleks dan bervariasi misalnya terkait menurunnya perilaku hidup bersih dan sehat kecenderungan peningkatan jumlah siswa berstatus gizi buruk kebiasaan pola makan tidak teratur masa pertumbuhan remaja tidak optimal indikasi gejala anemia melakukan kebiasaan buruk dan beresiko seperti merokok minuman beralkohol bahkan hubungan seksual di luar nikah. Pembelajaran di sekolah terutama mata pelajaran biologi sangat relevan sebagai solusi upaya perbaikan kondisi masalah kesehatan siswa. Biologi diperlukan oleh siapapun untuk bertahan hidup dan tetap sehat. Standar kompetensi sangat jelas menyiratkan berkaitan langsung dengan upaya menjaga kesehatan. Proses pembelajaran guru di kelas akan sangat menentukan keberhasilan dan ketercapaian tujuan pembelajarannya yang dikaitkan dengan upaya menjaga kesehatan. Keterlibatan keluarga dalam hal ini orang tua tentunya juga ikut berperan memberi pengaruh terbentuknya perilaku upaya menjaga kesehatan dirumah karena intensitas waktu justru lebih banyak di rumah daripada berada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi mendalam tentang pemahaman siswa dalam upaya menjaga kesehatan dikaitkan dengan kegiatan pembelajaan biologi di kelas dan keterlibatan peran orang tua dalam upaya menjaga kesehatan . Berdasarkan pemikiran di atas maka fokus penelitian ini di jabarkan sebagai berikut (1) Bagaimanakah pemahaman upaya menjaga kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Madiun (2) Bagaimanakah peran pembelajaran biologi dalam mendukung siswa kelas VIII melakukan upaya menjaga kesehatan di SMP Negeri 2 Kota Madiun (3) Bagaimanakah peran orang tua dalam mendukung siswa kelas VIII melakukan upaya menjaga kesehatan di SMP Negeri 2 Kota Madiun. Peneliti memilih pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Peneliti sebagai instrumen utama. Prosedur pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara observasi dan dokumentasi. Tehnik purposive sampling digunakan untuk mendapatkan informan yang menghasilkan jenis data yang dijaring peneliti berupa data primer dan sekunder. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Siswa telah memahami beberapa aktivitas memelihara dan meningkatkan kesehatan. Beberapa aktivitas berkaitan dengan upaya menjaga kesehatan antara lain menjaga pola makan teratur mengkonsumsi menu makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh dan suplemen dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjaga kesehatan gigi memelihara lingkungan sehat menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan pola aktivitas keseharian yang sehat seperti berolahraga teratur beristirahat yang cukup menghindari perilaku dan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan serta berusaha mendapatkan informasi kesehatan. (2) Peran pembelajaran biologi di kelas kurang maksimal mendukung siswa dalam upaya menjaga kesehatan hal ini terlihat dari tindakan guru dalam merencanakan pembelajaran tidak sesuai dengan pelaksanaannya pemanfaatan media pembelajaran yang minim sehingga materi dipahami kurang bermakna bagi siswa guru dalam mengkomunikasikan materi kurang bervariasi menggunakan berbagai metode lain selain ceramah di depan kelas. Pengelolaaan alokasi waktu dalam pembelajaran tidak tepat. (3) Peran orang tua ternyata sangat mendukung dalam upaya menjaga kesehatan anaknya melalui empat bentuk dukungan antara lain pengharapan orang tua terhadap kesehatan anaknya dukungan psikologis dukungan materi dan menjalin komunikasi dengan anaknya. Pengharapan orang tua diwujudkan dalam bentuk interaksi memberi nasehat-nasehat masukan bahkan teguran terhadap aktivitas anak-anaknya untuk menjaga kesehatannya mengajak anaknya menjenguk orang sakit sehingga muncul kesadaran menjaga kesehatan dukungan psikologis dalam bentuk menciptakan kondisi yang mendorong timbulnya kesadaran mandiri anaknya orang tua dengan memberi contoh perilaku baik di rumah melibatkan langsung tugas keseharian menjaga kebersihan lingkungan rumah. Menjalin komunikasi yang akrab dan terbuka dengan anaknya sehingga perubahan sekecil apapun pada anaknya segera mengetahui dan segera melakukan tindakan yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62637

Actions (login required)

View Item View Item