Handayani, Dwi (2013) Pengembangan model permainan ancak-ancak alis untuk pembelajaran tema mengenal lingkungan pedesaan kelas I sekolah dasar / Dwi Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handayani Dwi. 2011. Pengembangan Model Permainan Ancak-ancak Alis untuk Pembelajaran Tema Mengenal Lingkungan Pedesaan Kelas I Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Model Permainan Ancak-ancak Alis Pembelajaran Tema Mengenal Lingkungan Pedesaan Pembelajaran tematik yang berlangsung di lapangan memiliki permasalahan tersendiri dari segi pelaksanaan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan di SDIT Ahmad Yani Kota Malang ditemukan kegiatan pembelajaran kurang mengaktifkan siswa dan guru kesulitan menentukan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik anak. Kondisi pembelajaran tersebut didukung dengan penyususnan RPP yang kurang tepat oleh guru. Salah satu pemecahan masalah adalah dengan memilih mengembangkan model permainan untuk pembelajaran tematik yang sesuai dengan karakteristik siswa. Model permainan ancak-ancak alis dapat menjadi pedoman guru dalam pembelajaran tema mengenal lingkungan pedesaan yang mengaktifkan siswa dan sesuai dengan perkembangan anak dilengkapi dengan RPP. Tujuan penelitian dan pengembangnan ini adalah menghasilkan sebuah model permainan ancak-ancak alis yang dikembangkan untuk pembelajaran tema mengenal lingkungan pedesaaan di kelas I SD semester II dilengkapi dengan perangkat (RRP). Produk yang dihasilkan diukur berdasarkan tingkat kevalidan keterterapan dan keefektifannya. Penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan hasil modifikasi model pengembangan Borg Gall serta Akbar Sriwiyana. Model pengembangan terdiri dari 6 langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi ahli (5) uji coba produk dan (6) produk akhir. Ujicoba produk terdiri atas uji coba ahli dan uji coba terbatas. Hasil validasi ahli terhadap komponen model permainan ancak-ancak alis dan RPP masing-masing menunjukkan persentase sebesar 87 5% dengan kategori sangat valid. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui keterterapan dan keefektifan. Tingkat keterterapan produk mencapai 84 1% dengan kategori cukup tinggi. Tingkat keefektifan produk mencapai 94 1% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data di atas produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat valid memiliki keterterapan cukup tinggi dan memiliki keefektifan sangat baik. Saran pemanfaatan model permainan ancak-ancak alis dalam pembelajaran terletak pada perencanaan yang matang terutama dalam pembagian waktu di RPP penguasaan lagu dan gerakan pengiring oleh guru dan kejelasan peraturan pembelajaran oleh siswa. Model permainan ancak-ancak alis disarankan dapat didesiminasikan dalam skala luas dengan memperhatikan karakteristik lingkungan sekolah dan karakteristik siswa. Permainan ancak-ancak alis dapat dikembangkan lebih lanjut pada tema pembelajaran yang berbeda pada pembelajaran kelas tinggi memvariasi lagu dan gerakan serta penekanan penelitian pada konteks pendekatan saintifik di kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62636 |
Actions (login required)
View Item |