Mizan, Saeful (2013) Pengembangan modul kecerdasan sosial mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang / Saeful Mizan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mizan Saeful. 2013. Pengembangan Modul Kecerdasan Sosial Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing 1) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. 2) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. Kata Kunci modul kecerdasan sosial IPS. Tujuan pendidikan IPS adalah untuk mempersiapkan siswa menjadi warga Negara yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Namun kenyataannya pada saat ini pembelajaran di sekolah dasar lebih banyak difokuskan dalam mengembangkan kecerdasan intelektual saja. Siswa dibelajarkan hanya dengan tujuan dapat menjawab soal-soal saja sehingga seolah-olah pembelajaran hanyalah suatu tuntutan untuk mencapai keberhasilan dengan hasil belajar yang baik. Berdasarkan hasil observasi diketahui selama pembelajaran di kelas siswa hanya diarahkan untuk membaca buku paket selanjutnya guru menerangkan materi pembelajaran dan menuliskan hal-hal penting di papan tulis. Sumber belajar yang dimiliki siswa di SDN Sukoharjo 02 kelas IV tersebut hanya buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang didalamnya hanya berisi materi pembelajaran dan berupa soal-soal yang bersifat formatif berupa pertanyaan yang jawabannya selalu ada di rangkuman materi. Hasil wawancara dengan wali kelas IV mengemukakan bahwa bila diadakan tukar pendapat ataupun memecahkan suatu permasalahan akan menyebabkan waktu menjadi lebih sedikit dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) tidak bisa terpenuhi sesuai dengan tuntutan kurikulum. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian pengembangan adalah 1) untuk menghasilkan produk berupa modul kecerdasan sosial mata pelajaran IPS pada kelas IV di Sekolah Dasar 2) Melakukan uji validasi modul kecerdasan sosial mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD melalui uji coba ahli telaah guru dan tanggapan siswa. Subyek coba dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli pembelajaran IPS ahli psikologi pendidikan ahli media pembelajaran ahli bahasa guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Sukoharjo 2 Kota Malang. Spesifikasi produk yang dihasilkan berupa modul siswa dan modul guru. Teknik penelitian pengembangan ini dimodifikasi dari model pengembangan Borg and Gall. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil wawancara dokumentasi lembar validasi lembar observasi angket guru dan angket respon siswa. Pada data kuantitatif menganalisa data berupa skor hasil validasi angket guru angket respon siswa data proses belajar dan data hasil belajar. Hasil uji coba ahli ahli pembelajaran IPS skor produk yang dicapai 68% ahli psikologi pendidikan 84% ahli media pembelajaran 80% dan ahli bahasa 80%. Data uji coba lapangan menyatakan keefektifan keterterapan dan keterbacaan produk pengembangan modul kecerdasan sosial menunjukkan hasil angket guru memperoleh tingkat pencapaian 80% dengan kategori efektif sedangkan hasil angket siswa skor yang dicapai 82%. Kesimpulan produk pengembangan modul kecerdasan sosial dapat diterapkan. Pemanfaatan modul kecerdasan sosial pada pembelajaran yang disarankan (1) peneliti perlu menambahkan aspek kecerdasan sosial yang lainnya (2) Kondisi lingkungan perlu diperhatikan sebelum menerapkan pembelajaran menggunakan modul ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62635 |
Actions (login required)
View Item |