Sari, Eka Yuliana (2013) Pengembangan modul pembelajaran PKn berbasis model problem based learning (Studi pada siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 Malang) / Eka Yuliana Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Modul Pembelajaran Pendidikan PKn Model Problem Based Learning. Kompetensi dasar mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional merupakan suatu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. Akan tetapi untuk membantu siswa dalam menguasai kompetensi tersebut guru sering terpaku pada materi globalisasi. Materi globalisasi kebudayaan hanya dibahas secara sekilas. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 Malang siswa memiliki karakteristik senang membaca dan bersikap aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seperti aktif bertanya dan berpendapat. Observasi juga dilakukan pada bahan ajar yang digunakan guru kelas IV terdapat materi globalisasi kebudayaan hanya sebatas nama tarian yang merupakan kebudayaan Indonesia yang pernah tampil dalam misi kebudayaan internasional. Bahan ajar belum memuat tentang kebudayaan apa saja yang dimiliki Indonesia sesuai dengan kategorinya dan juga pada tes formatif yang digunakan belum ada tes yang menunjukkan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar tersebut. Permasalahan tersebut haruslah segera dicari alternatif pemecahannya salah satu cara adalah melalui pengembangan modul pembelajaran PKn. Modul pembelajaran PKn dapat menyajikan materi kegiatan belajar serta tes formatif untuk materi globalisasi kebudayaan. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran PKn berbasis model PBL yang dilengkapi dengan buku panduan guru. Tujuan pemilihan model PBL didasarkan pada karakteristik siswa yang memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi serta langkah pembelajarannya menggunakan masalah dalam dunia nyata.Penelitianinimenggunakan model pengembanganmodifikasi4-D yang dikembangkan oleh Tiagarajan dan Sammel.Secara garis besar langkah-langkah penelitianini yaitu (1) analisis awal-akhir (2) perencanaan (3) desain produk (4) validasi produk (5) ujicoba produk dan (6) produk akhir. Ujicoba produk terdiri atas ujicoba kelompok kecil dan ujicoba lapangan. Hasil rata-rata kelayakkan dari validasi ahli dalam penelitian ini mencapai 82 1%. Hasil ujicoba kelompok kecil mencapai 85 5%. Ujicoba lapangan dilakukan untuk mengetahui keterterapan dan keefektifan produk yang berupa modul pembelajaran PKn berbasis Model Problem Based Learning yang dilengkapi buku panduan untuk guru. Hasil ujicoba lapangan pada keterterapan produk mencapai 87 8%. Sedangkan untuk hasil ujicoba lapangan pada keefektifan produk untuk aspek hasil belajar siswa dilihat dari ranah kognitif ranah afektif dan psikomotor mencapaai 81 1%. Berdasarkan data di atas produkyang telah dikembangkan dapat dikatakan sangat valid dari segi kevalidan keterterapan dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |