Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk m,eningkatkan kemampuan pemecahan masalah pengukuran luas bangun datar bagi siswa kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Siti Umayaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk m,eningkatkan kemampuan pemecahan masalah pengukuran luas bangun datar bagi siswa kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Siti Umayaroh

Umayaroh, Siti (2013) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk m,eningkatkan kemampuan pemecahan masalah pengukuran luas bangun datar bagi siswa kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang / Siti Umayaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PMR Pemecahan Masalah Pengukuran Luas BangunDatar SD. Permasalahan faktual pembelajaran matematika kompetensi dasar pengukuran luas bangun datar di kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang yaitu (1) pembelajaran matematika di kelas masih didominasi oleh guru (2) praktik pembelajaran kurang menggunakan situasi kehidupan riil di lingkungan siswa (3) guru terbiasa menuliskan rumus-rumus luas di papan tulis yang kemudian menugaskan siswa untuk dihafalkan (4) guru terbiasamenjelaskan cara menyelesaikan soal pengukuran luas dan langsung menerapkan rumus dan (5) pembelajaran pengukuran luas belum pernah memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif menemutunjukkan sendiri. Pembelajaran matematika pengukuran luas dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat membangkitkan dan memberdayakan rasa ingin tahu siswa untuk belajar secara aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan PMR yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika konsep pengukuran luas bangun datar di kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu setiap siklus terdiri dari empat komponen yang meliputi rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan pembelajaran dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran. Data penelitian ini meliputi (1) hasil pengamatan selama proses pembelajaran baik aktivitas guru maupun siswa (2) hasil tes akhir tiap-tiap siklus dan (3) respon siswa terhadap penerapan PMR. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang termasuk klasifikasi sangat baik pada siklus II sebanyak 4 siswa dalam kategori sangat baik dan lebih dari 75% siswa sudah mencapai standar ketuntasan belajar dalam kemampuan menyelesaikan masalah pengukuran luas bangun datar.Temuan penelitian yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II meliputi (1) suasana keceriaan siswa selama diskusi kelompok (2) masing-masing anggota kelompok hampir seluruhnya mau dan berani mengajukan pertanyaan (3) seluruh siswa sangat menyukai PMR. Penerapan PMR dengan topik pengukuran luas bangun datar yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik proses atau aktivitas siswa maupun produk. Secara umum penerapan PMR pada pembelajaran pengukuran luas dapat mengoptimalkan interaksi semua komponen dalam pembelajaran yaitu guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Peningkatan pemahaman pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan pengukuran luas bangun datar di bangun dalam koridor pendekatan realistik telah nampak dan ditunjukkan pada tahap the use of contex and the use of models siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan model mereka sendiri dan dilanjutkan dengan pemecahan in-formal (model-of). Pada tahap student contribution and interactivity terjadi ketika adanya interaksi melalui diskusi dan negosiasi antar siswa maupun interaksi siswa dengan guru yang selanjutnya oleh siswa diberkembangkan ke arah model yang formal (model-for). Berdasarkan hasil tes akhir pada siklus I dan II dapat disimpulkan prestasi belajar pengukuran luas bangun datar siswa kelas V SDN Lowokwaru 3 Kota Malang mengalami peningkatan dimana siswa dalam mengerjakan soal dan tugas matematika sudah tampak teratur dan tertata dengan pemberian alasan yang benar. Untuk itu disarankan penerapan PMR layak dipertimbangkan sebagai alternative dalam pembelajaran matematika dengan kompetenasi dasar konsep pengukuran baik bangun datar maupun bangun ruang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62630

Actions (login required)

View Item View Item