Pengaruh model PBL melalui pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Fajar Surya Hutama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model PBL melalui pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Fajar Surya Hutama

Hutama, Fajar Surya (2013) Pengaruh model PBL melalui pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Fajar Surya Hutama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model PBL melalui Pendekatan CTL dan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran lebih didominasi oleh guru (teacher centered) hasil belajar siswa baik di kelas IV A maupun IV B masih rendah pembelajaran lebih dominan dilaksanakan menggunakan model pembelajaran konvensional dan penilaian dilakukan hanya pada ranah kognitif. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1) bagaimanakah penerapan model PBL melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) apakah ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang dan (3) bagaimana respon siswa setelah penerapan model PBL melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang . Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) penerapan model PBL melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang dilaksanakan dengan urutan kegiatan sebagai berikut (a) memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa (b) mengorganisasikan siswa dalam belajar (c) membantu investigasi mandiri dan kelompok (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan melakukan presentasi (e) bertanya (f) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dan (g) penilaian sebenarnya (autentic assesment). Tingkat keunikan dari model PBL melalui pendekatan CTL ditunjukkan dengan aktivitas siswa yang lebih aktif dalam bertanya dan penilaian yang dilakukan merupakan penilaian sebenarnya (Autentic assesment) yang tidak hanya mengukur ranah kognitif namun juga ranah afektif dan psikomotorik (2) hasil belajar kelas yang menggunakan model PBL melalui pendekatan CTL lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang. Perbedaaan peningkatan hasil belajar yang signifikan dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas yang menggunakan model PBL melalui pendekatan CTL dari 42 09 menjadi 57 61 atau meningkat sebesar 15 52 sedangkan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional peningkatannya tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 42 06 menjadi 48 08 atau meningkat sebesar 6 02 (3) Respon siswa kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang setelah penerapan model PBL melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS berada pada kriteria Baik dengan persentase sebesar 82 47%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut (1) penerapan model PBL melalui pendekatan CTL memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar namun demikian terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu (a) karakteristik kompetensi dasar (KD) yang diajarkan harus mengarah pada penguasaan konsep karena jika KD yang hendak diajarkan hanya membutukan kemampuan ingatan/hafalan siswa maka penerapan model PBL melalui pendekatan CTL akan membutuhkan banyak waktu (b) guru harus memiliki kemampuan mengorganisasi dan mengkondisikan kelas dengan baik (c) guru harus memperhatikan alokasi waktu pembelajaran agar penerapan model PBL melalui pendekatan CTL ini tidak mengganggu pembelajaran yang lain dan (d) guru harus dapat menyusun dan menyampaikan tujuan pembelajaran dengan operasional (2) dalam penelitian ini hanya satu aspek yang diambil sebagai variabel penelitian yang mempengaruhi hasil belajar oleh karena itu disarankan bagi peneliti lain untuk meneliti variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62628

Actions (login required)

View Item View Item