Sarlin, Muhammad (2013) Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis dialog di SDN Girimoyo 03 Karangploso Kabupaten Malang / Muhammad Sarlin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sarlin Muhammad. 2013. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Dialog di SDN Girimoyo 03 Karangploso Kabupaten Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II) Prof.Dr.F.Danardana Murwani M.M. Kata kunci pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berbasis dialog Berdasarkan hasil studi pendahuluan bahwa SDN Girimoyo 03 Karangploso telah menerapkan pembelajaran IPS berbasis dialog yang dilakukan secara klasikal kelompok kecil dan secara individu dengan teknik bermain peran tanya jawab diskusi kelompok dan berpasangan. Media dan sumber belajar pun sangat bervariasi dengan berbagai dimensi diantaranya orang bahan alat dan latar. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian ini adalah pembelajaran IPS berbasis dialog di SDN Girimoyo 03 Karangploso Kabupaten Malang. Terkait dengan fokus penelitian hal-hal yang menjadi perhatian meliputi lima hal yakni (1). Apa alasan guru memilih pembelajaran berbasis dialog (2). Bagaimana peran guru dalam pembelajaran IPS berbasis dialog (3). Bagimana teknik guru membelajarkan IPS berbasis dialog (4) Kendala apa saja yang menjadi habatan guru pada pembelajaran IPS berbasis dialog (5). Bagaimana pandangan guru terhadap pembelajaran IPS berbasis dialog. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dalam pembelajaran IPS berbasis dialog. Pendekatan ini menggunakan tiga tahap reduksi yaitu reduksi eiditis dan transedental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi.penelitian ini mencari dan menghasilkan temuan gejala-gejala apa saja yang tampak serta pemaknaan terhadap gejala tersebut. Selanjutnya deskripsi dan hasil pengelolaan data secara keseluruhan sebagai satu keutuhan dianilisis dan dikaji secara mendalam yang bermuara pada kajian terhadap struktur dasar atau nilai-nilai esensial dalam pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis dialog. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut (1) Tujuan materi pembelajaran yang akan disampaikan dan alokasi waktu dalam satu kali pertemuan menjadi dasar dalam penerapan pendekatan dialog. Selain itu kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran dengan melibatkan siswa sebagai warga belajar (2) Peran guru pada pembelajaran IPS berbasis dialog merupakan sentra utama yang mengatur kegiatan pembelajaran sehingga dengan demikian dalam kegiatan pembelajaran memerlukan kreatifitas guru yang sangat memadai baik dari penguasaan materi metode pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan materi pembelajaran media dan sumber belajar yang digunakan harus bervariasi hal ini akan menjadikan pembelajaran bermakna. Selai itu peran guru adalah memberi fasilitas kepada siswa sebagai subjek belajar dengan melibatkan siswa dalam menetukan topik yang akan dipelajari. (3) Sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS berbasis dialog diantaranya orang bahan alat dan latar/setting pemanfatan sumber belajar mempertimbangkan materi dan tujuan yang hendak dicapai serta mendukung terjadinya interaksi anatara pembelajar dengan sumber belajar. (4) Jumlah siswa menjadi hambatan bagi penerapan pembelajaran IPS berbasis dialog. Sehingga penting bagi seorang guru untuk memahami karakter setiap siswa agar bisa mengatasi masalah yang ada dalam kelas. Selain itu jumlah siswa dalam satu rombongan belajar yang besar dapat digunakan pembebagian kelompok kecil secara heterogen. (5) Pendekatan dialog dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mencapai tujuan pembelajaran selain itu pendekatan dialog dapat dikolaborasikan dengan berbagai metode dengan pertimbangan tujuan yang hendak dicapai. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu referensi untuk mengembangkan pembelajaran IPS dimasa akan datang oleh karena itu disarankan (1) Kepada guru IPS penerapan pendekatan dialog pada pembelajaran IPS dapat membuat proses pembelajaran menarik karena mengandung karakteristik yang bersifat terbuka beorientasi kepada siswa. Selain itu guru dapat mengkolaborasikan pendekatan dialog dengan metode lain secara variatif. Oleh karena itu guru hendaknya mempelajari lebih mendalam tentang pendekatan dialog agar dapat diterapkan dengan baik dan hasil penelitian ini menjadi salah satu rujukan bagi guru untuk memahami pendekatan dialog. (2) Kepada pengawas kompetensi supervisi pengawas pendidikan menghendaki seorang pengawas untuk memberikan mimbingan kepada guru dalam memilih dan menerapkan berbagai pendekatan metode pembelajaran demi mengembangkan berbagai potensi siswa. Dengan demikian pengawas juga perlu mempelajari pendekatan dialog sehingga dapat membantu guru memahami dan terampil menerapkan pendekatan dialog. (3) Bagi dinas pendidikan peningkatan kompetensi profesionalisme guru juga menjadi tanggung jawab dinas pendidikan. Oleh karena itu dinas pendidikan perlu mengambil langkah-langkah yang nyata untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memilih berbagai pendekatan dan metode pembelajaran melalui pelatihan yang intensif dan berkelanjutan. Dengan demikian hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bahan pelatihan bagi guru lain untuk diterapkan disekolah masing-masing. (4) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran dialog dengan pendekatan-pendekatan berbeda pada latar-latar lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62623 |
Actions (login required)
View Item |