Ghazali, Muh. Syukri (2013) Penerapan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan media video untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN 1 Sekunyit Praya Lombok Tengah) / Muh. Syukri Ghazali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model kooperatif numbered heads together dengan media video keterampilan sosial hasil belajar. Pembelajaran IPS di sekolah dasar bertujuan menjadikan siswa memiliki berbagai macam keterampilan yang diantaranya yaitu keterampilan sosial. Selain memiliki keterampilan sosial hasil belajar yang dicapai siswa memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh sekolah.Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 1 Sekunyit Praya menggambarkan bahwa pembelajaran keterampilan sosial belum maksimal. Selain itu hasil belajar IPS siswa juga belum maksimal yang ditandai dengan rendahnya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dalam belajar. Untuk itu perlu dirancang sebuah pembelajaran yang dapat mendorong keterampilan sosial siswa dalam bekerjasama menyelesaikan masalah yang disajikan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan media video dapat diterapkan untuk mendorong keterampilan sosial siswa serta meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif NumberedHeads Together dengan media video untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 1 Sekunyit Praya yang berjumlah 16 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.Data yang dikumpulkan adalah data keterlaksanaan pembelajaran data keterampilan sosial siswa data hasil belajar siswa serta data respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan media video dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri atas empat pertemuan dimana pada pertemuan keempat khusus dilaksanakan evaluasi. Sedangkan siklus kedua terdiri dari enam pertemuan dimana pertemuan keenam khusus dilaksanakan evaluasi.Persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 86 % dan pada siklus II mencapai 90 4 %.Persentase keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 75 % dan pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat pada persentase ketuntasan klasikal yaitu pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 100% . Selain itu penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan media video mendapat respon yang positif dari semua siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif NumberedHeadsTogether dengan media video dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Sekunyit Praya.Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada guru untuk terus meningkatkan keterampilan dalam menerapkan berbagai model pembelajaran antara lain model pembelajaran Kooperatif NumberedHeadsTogether dengan media video. Guru juga diharapkan dapat menambah keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran agar supaya pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62618 |
Actions (login required)
View Item |