Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model problem based learning (studi pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang) / Linda Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model problem based learning (studi pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang) / Linda Rachmawati

Rachmawati, Linda (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model problem based learning (studi pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang) / Linda Rachmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perangkat Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Tuntutan teoretik menyatakan bahwa dalam kegiatan pembelajaran harus didukung oleh perangkat yang dapat memperlancar prosesnya dan efektif mencapai tujuan belajar. Ditemukan fakta bahwa di SDN Wandanpuro 04 belum menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan KTSP. RPP yang dibuat oleh guru cenderung kurang tepat dan kurang memperhatikan prinsip pembuatannya sehingga kegiatan pembelajaran kurang terstruktur dengan baik. Aktivitas belajar siswa cenderung didominasi oleh guru siswa kurang mandiri mengabaikan tugas dan kurang bisa bersosialisasi dengan teman. Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat membantu belajar siswa secara mandiri dan melatih bersosialisasi bersama temannya. Oleh karena itu dikembangkanlah perangkat pembelajaran IPA berorientasi model PBL berupa RPP dan modul. Tujuan penelitian ini yakni untuk (1) mengembangkan perangkat yang valid secara teoretik (2) mempunyai tingkat keterterapan yang tinggi dan (3) efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model PBL ini menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg Gall. Secara garis besar langkah penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) uji coba skala terbatas dan (6) produk akhir. Studi pendahuluan dilakukan untuk menganalisis kebutuhan. Perencanaan dilakukan dengan mengkaji teori analisis karakteristik siswa merumuskan tujuan pembelajaran dan mengembangkan instrumen. Selanjutnya pengembangan produk RPP dan modul berorientasi model PBL. Validasi produk diberikan kepada ahli perencanaan pembelajaran untuk RPP sedangkan ahli materi/isi dan ahli desain untuk modul lalu dilakukan revisi I. Uji coba skala diawali dengan uji coba kelompok kecil lalu uji coba pada kelas lalu dilakukan revisi II sehingga menghasilkan produk akhir. Validasi ahli dan uji coba skala terbatas menghasilkan data-data yang digunakan untuk revisi penyempurnaan produk. Validasi pada RPP mencapai kategori cukup valid dan modul mencapai kategori cukup valid. Data keterterapan mencapai kategori sangat tinggi sedangkan data keefektifan mencapai kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut perangkat pembelajaran IPA berorientasi model PBL dapat dikatakan valid secara teoretik mempunyai tingkat keterterapan yang tinggi dan efektif mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi terkait daur air dan perlunya menghemat air pada siswa kelas V SDN Wandanpuro 04 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62617

Actions (login required)

View Item View Item