Pengembangan bahan ajar materi KPK dan FPB berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan puzzle / Pipit Pudji Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi KPK dan FPB berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan puzzle / Pipit Pudji Astutik

Astutik, Pipit Pudji (2013) Pengembangan bahan ajar materi KPK dan FPB berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan puzzle / Pipit Pudji Astutik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar pendidikan matematika realistik puzzle. Kemampuan menyelesaikan masalah perlu ditingkatkan dengan mengembangkan keterampilan memahami masalah membuat model matematika menyelesaikan masalah dan menyelesaikan solusinya. Keberadaan bahan ajar yang tidak kontekstual mengakibatkan siswa tidak memahami konsep-konsep matematika dengan benar. Selain bahan ajar keberadaan media sangat penting. Media berfungsi untuk mengurangi tingkat keabstrakan suatu materi. Media puzzle merupakan alat permainan edukatif yang dapat merangsang kemampuan matematika pada anak yang dimainkan dengan cara membongkar pasang simbol-simbol bilangan. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan bahan ajar berbantuan puzzle yang memuat kegiatan-kegiatan yang memberi kesempatan siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri dengan penyajian masalah-masalah realistik. Kegiatan-kegiatan dalam bahan ajar (1) menggunakan konteks dunia nyata (2) menggunakan berbagai model (3) kontribusi siswa (4) antar materi saling berkaitan dan (5) adanya interaksi antar siswa serta siswa dengan guru. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar materi KPK dan FPB berbasis PMR berbantuan puzzle yang valid praktis dan efektif untuk siswa kelas IV SDN Tunjungsekar 3. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D tanpa fase diseminasi. Kevalidan diperiksa oleh tiga validator kepraktisan dan keeefektifan diperiksa oleh dua observer dan siswa sebagai pengguna pada saat uji coba lapangan.. Instrumen penelitian meliputi (1) angket validasi (2) lembar observasi (3) pedoman wawancara dan (4) tes. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis PMR berbantuan puzzle memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar materi KPK dan FPB berbasis PMR berbantuan puzzle telah memenuhi kriteria praktis dan efektif. Berdasarkan hasil uji coba di lapangan saran untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan ajar sebagai berikut (a) guru hendaknya memperhatikan alokasi waktu dalam memanfaatkan bahan ajar yang telah disusun (b) guru hendaknya membimbing siswa dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar materi KPK dan FPB berbasis PMR berbantuan puzzle. Sedangkan saran diseminasi antara lain (a) untuk tahap diseminasi sebaiknya perlu dilakukan uji validasi terlebih dahulu (b) bila hendak melakukan diseminasi sebaiknya dilakukan observasi awal tentang karakteristik atau analisis masalah pembelajaran pengguna yang lain. Untuk saran pengembangan lebih lanjut perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut (a) pilih materi lain yang sesuai untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik (b) upayakan pengembangan bahan ajar materi KPK dan FPB dengan pendekatan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62616

Actions (login required)

View Item View Item