Ulum, Wisda Miftakhul (2013) Pengembangan buku teks membaca intensif kelas VI berbasis karakter di SDN Pakis / Wisda Miftakhul Ulum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan bahan ajar membaca intensif kelas VI karakter. Penelitian pengembangan bahan ajar merupakan salah satu bentuk pemecahan masalah pendidikan dan upaya peningkatan mutu pendidikan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar membaca yang mengintegrasikan karakter. Pelaksanaannya bertepatan dengan masa pergantian kurikulum 2006 ke kurikulum 2013. Produk buku membaca intensif sastra dan nonsastra dibuat dengan acuan kompetensi dasar membaca intesnsif kelas VI kurikulum 2006 untuk bisa dimanfaatkan pada kurikulum 2013 maka buku membaca intensif sastra dan nonsastra harus sesuai dengan kompetensi dasar membaca kelas VI kurikulum 2013. Produk yang dihasilkan menyesuaikan dengan karakteristik materi membaca intensif perkembangan siswa kelas VI karakter yang diintegrasikan dan mempertimbangkan draf kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar membaca intensif sastra kelas VI berbasis karakter meliputi materi dan teknik penyajian buku (2) mengembangkan bahan ajar membaca intensif non-sastra kelas VI berbasis karakter meliputi materi dan teknik penyajian buku. Produk penelitian pengembangan ini adalah buku membaca intensif sastra dan nonsastra. Pengembangan buku membaca intensif sastra dan nonsastra ini menggunakan model pengembangan pengembangan bahan ajar hasil adaptasi dari Pannen dan Purwanto (2001 10) dengan langkah pengembangan bahan ajar dari Tomlinson (2003 110). Tahapan model pengembangan ini adalah analisis pendahuluan analisis kurikulum pengumpulan teks bacaan pemilihan teks bacaan penulisan dan penyusunan bahan ajar uji coba produk revisi kemudian produk akhir (buku membaca intensif sastra dan nonsastra). Subjek uji dalam penelitian ini adalah ahli mata pelajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia ahli pendidikan karakter ahli media pembelajaran guru dan siswa kelas VI SDN Pakis. Hasil uji keterbacaan keseluruhan teks bacaan yang ada di buku membaca intensif sastra dan nonsastra menunjukkan ketuntasan tes klos sebesar 64% - 100 %. Hal ini dapat diartikan bahwa tingkat keterbacaannya keseluruhan teks bacaan yang ada di buku membaca intensif sastra dan nonsastra dikategorikan tinggi/mudah. Tingkat pencapaian uji-validasi ahli mata pelajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia buku membaca intensif sastra dan nonsastra di setiap tema sebesar 90% -100%. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa buku membaca intensif sastra dan nonsastra memiliki kriteria sangat valid. Artinya isi buku membaca intensif sastra dan nonsastra sesuai dengan mata pelajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI. Tingkat pencapaian uji-validasi ahli pendidikan karakter buku membaca intensif sastra dan nonsastra di setiap tema sebesar 87 5 % - 91 7%. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa buku membaca intensif sastra dan nonsastra memiliki kriteria sangat valid. Artinya buku membaca intensif sastra dan nonsastra berhasil mengintegrasikan karakter kritis jujur tanggung jawab dan peduli lingkungan. Tingkat pencapaian uji-validasi ahli media pembelajaran sebesar 75 %. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa buku membaca intensif sastra dan nonsastra memiliki kriteria valid. Artinya buku membaca intensif sastra dan nonsastra mampu memberikan motivasi belajar siswa gambar/ilustasi yang diberikan sesuai dengan siswa kelas VI gambar pengantar kegiatan tidak berlebihan mampu memotivasi siswa untuk membaca dan menulis serta komposisi warna pada buku tidak berlebihan pemilihan jenis dan ukuran huruf sesuai untuk anak kelas VI SD. Tingkat pencapaian uji praktisi guru SDN Pakis untuk materi dan isi teks buku sebesar 89 3% tingkat pencapaian untuk sajian buku sebesar 87 5 % tingkat pencapaian untuk penggunaan buku sebesar 87 5 %. Dilihat dari tujuan uji praktisi buku membaca intensif sastra dan nonsastra efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Tingkat pencapaian pertanyaan kemenarikan pada angket siswa adalah 82% termasuk kategori sangat valid. Artinya produk buku membaca intensif sastra dan nonsastra sesuai dengan kondisi minat siswa kelas VI SDN Pakis. Kesimpulannya dilihat dari segi minat siswa dan kemenarikan buku buku membaca intensif sastra dan nonsastra efektif digunakan untuk siswa kelas VI SDN Pakis. Tingkat pencapaian pertanyaan keterbacaan pada angket siswa adalah 83% termasuk kategori sangat valid. Artinya produk buku membaca intensif sastra dan nonsastra sesuai dengan tingkat keterbacaan siswa kelas VI SDN Pakis. Tingkat pencapaiaan hasil belajar siswa diatas KKM 70 di setiap tema sebesar 79 2 % - 100% siswa. Artinya buku membaca intensif sastra dan nonsastra efektif digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari pencapaian uji validitas dan uji lapangan buku membaca intensif sastra dan nonsastra menunjukkan kriteria sangat valid. Artinya buku membaca intensif sastra dan nonsastra efektif digunakan untuk siswa kelas VI SDN Pakis dan siap dimanfaatkan di lapangan sebenarnya untuk pembelajaran. Saran yang diberikan adalah mempersiapkan waktu pembelajaran satu tema sebanyak 4 jam pembelajran dan pengembangan pada aspek berbicara mendengar serta menulis. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62615 |
Actions (login required)
View Item |