Penilaian kesesuaian buku teks IPS SD kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dengan BSNP (studi pada SDN 04 Aikmel, Lombok Timur, NTB) / Romi Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penilaian kesesuaian buku teks IPS SD kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dengan BSNP (studi pada SDN 04 Aikmel, Lombok Timur, NTB) / Romi Hidayatullah

Hidayatullah, Romi (2013) Penilaian kesesuaian buku teks IPS SD kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dengan BSNP (studi pada SDN 04 Aikmel, Lombok Timur, NTB) / Romi Hidayatullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayatullah Romi. 2013. Penilaian Kesesuaian Buku Teks IPS SD Kelas IV Terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dengan BSNP (Studi pada SDN 04 Aikmel Lombok Timur NTB). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci Buku teks kesesuaian komponen isi kesesuaian komponen penyajian kesesuaian komponen kebahasaan kesesuaian komponen kegrafikan Sebagai salah satu sumber informasi Buku merupakan bahan pembelajaran yang dominan penggunaannya di sekolah dibandingkan bahan-bahan pembelajaran yang lain. Hal ini dikarenakan buku merupakan sumber belajar yang penggunaannya relatif sederhana dibandingkan dengan produk sumber belajar lainnya. Buku teks merupakan buku yang dirancang untuk penggunaan di kelas disusun dan disiapkan dengan cermat oleh pakar atau ahli dalam bidang itu dan dilengkapi dengan sarana-sarana pembelajaran yang sesuai dan serasi. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kesesuaian buku teks pelajaran IPS SD Kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri ditinjau (1) dari kelayakan komponen isi (2) dari kelayakan komponen penyajian (3) dari kelayakan komponen kebahasaan dan (4) dari kelayakan komponen kegrafikan. Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan penelitian evaluatif deskriptif. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi. Subjek penelitian ini adalah buku Smart in Social Science terbitan P.T. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri yang disusun oleh Dyah Suryaningsih edisi tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan empat hal. Pertama buku teks pelajaran IPS Smart in Social Science kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri memiliki kelayakan komponen isi yang tergolong tinggi dengan temuan sebagai berikut (1) Penentuan materi pembelajaran yang disajikan di dalam buku teks belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum. (2) beberapa materi yang dituangkan dalam buku teks tidak teruji kebenaran dan kesahihannya. (3) materi pendukung pembelajaran belum sepenuhnya mampu membelajarkan siswa. Kedua buku teks pelajaran IPS Smart in Social Science kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri memiliki kelayakan penyajian yang tergolong tinggi dengan temuan sebagai berikut (1) sebagian besar penyajian isi sesuai dengan sistematika penyajian keruntutan penyajian pesan tampak menggunakan pendekatan expanding namun sebagian mengabaiakan pendekatan integrated penyajian konsep sebagian besar tampak menggunakan pendekatan spiral. (2) sebagian besar kelengkapan penyajian sesuai dengan kriteria namun beberapa kepustakaan yang disajikan tidak tepat cara penulisannya serta tidak terdapat rangkuman pada akhir tiap bab. Ketiga buku teks pelajaran IPS Smart in Social Science kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri memiliki kelayakan komponen kebahasan yang tergolong cukup dengan deskripsi sebagai berikut (1) sebagian besar bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan perkembangan siswa. (2) sebagian besar keterbacaan pesan bacaan yang disajikan tergolong mudah dan sebagian kecil tergolong mudah sekali serta sedikit sekali kalimat yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa. Keempat buku teks pelajaran IPS Smart in Social Science kelas IV terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri memiliki kelayakan kegrafikan yang tergolong tinggi dengan temuan sebagai berikut. (1) Tipografi Kulit Buku (a) ukuran huruf judul lebih dominan dibandingkan (nama pengarang dan penerbit) (b) warna judul buku ditampilkan lebih menonjol daripada warna latar belakangnya (c) Jenis huruf yang digunakan terlalu banyak namun tidak menggunakan jenis huruf hias/dekorasi dan sesuai dengan jenis huruf untuk isi buku. (2) Ilustrasi Kulit Buku (a) ilustrasi kulit buku menggambarkan isi/materi buku (b) ilustrasi yang ditampilkan pada kulit buku sesuai dengan bentuk warna dan ukuran objek. (3) Tata Letak Isi Buku (a) tata letak isi buku konsisten (b) unsur tata isi buku letak harmonis (c) unsur tata letak isi buku lengkap (d) tata letak isi buku mempercepat pemahaman. (4) Tipografi Isi Buku (a) tipografi yang digunakan sederhana (b) ukuran dan jenis huruf sesuai dengan perkembangan peserta didik (c) Spasi antar baris susunan teks terlalu rapat namun spasi antar huruf terlihat normal (d) tipografi yang digunakan memudahkan pemahaman. (5) Ilustrasi Isi Buku (a) beberapa ilustrasi yang disajikan ukurannya terlalu kecil (b) seluruh ilustrasi yang disajikan mampu mengungkap makna objek yang digambarkan (c) seluruh ilustrasi yang disajikan bentuknya akurat sesuai dengan kenyataan (d) beberapa ilustrasi yang disajikan tidak berwarna (e) ilustrasi yang ditampilkan tidak hanya ditampilkan dalam tampak depan sehingga terlihat kreatif dan dinamis. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut. (1) Buku Smart in Social Science memang belum terdaftar sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan yang digunakan dalam proses pembelajaran namun dengan penelitian ini diharapkan Menteri Pendidikan Nasional dapat merekomendasikan buku ini sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Penulis buku teks perlu mengadakan penyempurnaan penulisan baik dari aspek isi penyajian dan bahasa yang digunakan. (3) Penerbit buku teks perlu mengadakan penyempurnaan designe dalam hal ini designe kegrafikan buku. (4) Dalam memilih buku teks pengelola sekolah perlu mencermati kelayakan komponen isi komponen penyajian komponen kebahasan dan komponen kegrafikan. (5) Pemakai buku dapat memanfaatkan buku Smart in Social Science ini secara bijak dengan mengambil kebaikan-kebaikannya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam bab 4 dan bab 5 sehingga pengguna buku seharusnya tidak hanya menggunakan satu atau dua buku saja agar kekurangan masing-masing buku teks pelajaran dapat dipenuhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62612

Actions (login required)

View Item View Item