Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Make a Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII-A SMPN 4 Madiun / Dwi Muchindrasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Make a Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII-A SMPN 4 Madiun / Dwi Muchindrasari

Muchindrasari, Dwi (2013) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Make a Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII-A SMPN 4 Madiun / Dwi Muchindrasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inkuiri terbimbing Make a Match keaktifan dan hasil belajar. Kondisi pembelajaran yang efektif dan berkualitas dapat tercipta bila siswa terlibat secara aktif siswa memiliki motivasi belajar tinggi siswa mempunyai minat dan perhatian dalam belajar. Proses pembelajaran yang aktif dan berkualitas terjadi jika siswa mempunyai hak dan kebebasan untuk bersuara berpendapat dan berargumen di dalam kelas yang berkaitan dengan materi pelajaran di kelas. Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa mendapat pengalaman untuk membangun konsep sehingga belajar tidak berorientasi pada guru tetapi lebih terpusat pada siswa. Selain itu pembelajaran harus bersifat menarik dan menyenangkan supaya siswa tetap aktif. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan harus ditopang oleh tumbuhnya daya inovasi guru. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 4 Madiun khususnya kelas VIII-A diketemukan permasalahan yang antara lain adalah 1) guru masih mendominasi pembelajaran dan kurang melibatkan siswa 2) model pembelajaran yang digunakan guru tidak bervariasi sehingga siswa bosan dan tidak aktif 3) hasil belajar yang rendah yaitu hanya 38% siswa yang tuntas belajar dengan KKM 75 4) adanya anggapan pelajaran biologi adalah pelajaran hafalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 3x40 menit. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes hasil belajar dokumentasi dan catatan lapangan yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober sampai 27 Nopember 2012. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 74 21% dan pada siklus II mencapai 90 75% keaktifan siswa meningkat pada siklus I mencapai 66 85% dan pada siklus II mencapai 79 20% demikian juga hasil belajar meningkat pada siklus I dicapai ketuntasan belajar siswa sebesar 62 07% dan pada siklus II mencapai 100% atau dengan rata-rata pada siklus I mencapai 75 97 dan pada siklus II mencapai 90 28. Dari Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran pembelajaran Inkiuri Terbimbing dengan Make a Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar di kelas khususnya materi Sistem Pencernaan pada Manusia dan Sistem Gerak pada Manusia Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan saran-saran yang dapat disampaikan antara lain adalah 1) pembelajaran Inkiuri Terbimbing dengan Make a Match dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran oleh guru terutama mata pelajaran IPA 2) pembelajaran Inkiuri Terbimbing dengan Make a Match dapat dilaksanakan pada materi biologi yang lain 3) perlunya sarana prasarana yang mendukung misalnya ketika praktikum memerlukan alat dan bahan yang lengkap 4) perlunya pengelolaan waktu secara matang dalam menerapkan pembelajaran pembelajaran Inkiuri Terbimbing dengan Make a Match sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62611

Actions (login required)

View Item View Item