Wejang, Heronimus Emilianus Arjono (2013) Penerapan Contextual Teaching ang Learning (DTL) dengan Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri IV Borong) / Heronimus Emilianus Arjono Wejang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wejang Heronimus Emilianus Arjono. 2013. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Group Invesigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri IV Borong). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata kunci aktivitas belajar siswa hasil belajar siswa pendekatan Contextual Teaching and Learning model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pembelajaran IPS di sekolah diarahkan agar siswa menjadi warga negara yang cerdas demokratis mempunyai keterampilan sosial keterampilan belajar dan kebiasaan bekerja dalam kelompok. Karena itu pembelajaran IPS yang efektif adalah pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas belajar siswa serta tercapainya hasil belajar IPS yang memenuhi standar. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII B SMP Negeri IV Borong memperlihatkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru sedangkan siswa cenderung pasif. Selain itu hasil belajar IPS siswa juga belum maksimal yang ditandai dengan rendahnya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dalam belajar. Untuk itu perlu dirancang sebuah pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan aktif siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kontekstual dapat diterapkan untuk mendorong aktivitas belajar serta meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri IV Borong yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Data yang dikumpulkan adalah data keterlaksanaan pembelajaran data aktivitas belajar siswa data hasil belajar siswa serta data tanggapan siswa terhadap penerapan CTL dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi dan angket. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat pertemuan tatap muka di kelas dan satu kali kegiatan investigasi kelompok yang dilaksanakan di luar jam pelajaran di sekolah. Persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 88 5 % dan pada siklus II mencapai 95 25%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 68 6% dan pada siklus II menjadi 85 71%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat pada persentase ketuntasan klasikal yaitu pada siklus I mencapai 88 57% dan pada siklus II mencapai 100% . Selain itu penerapan Contextual Teaching and Learning dengan Group Investigation mendapat tanggapan yang positif dari siswa. Pada siklus I 17 14% siswa yang memberikan tanggapan dengan kategori sangat baik dan 82 86% siswa memberikan tanggapan dengan kategori baik. Pada siklus II 57 14% siswa yang memberikan tanggapan dengan kategori sangat baik dan 42 86% siswa memberikan tanggapan dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri IV Borong. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar para guru meningkatkan keterampilannya dalam menerapkan berbagai pendekatan dan model pembelajaran antara lain pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Kepada pihak sekolah disarankan agar mendorong para gurunya serta menciptakan lingkungan akademik yang kondusif bagi guru dan siswa dalam menerapkan berbagai pendekatan dan model pembelajaran pada umumnya pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada khususnya. Akhirnya peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan hasil penelitian ini untuk keperluan penelitian yang relevan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62609 |
Actions (login required)
View Item |