Implementasi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan penugasan menulis jurnal belajar untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo / Hanafia Al Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan penugasan menulis jurnal belajar untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo / Hanafia Al Faruq

Al Faruq, Hanafia (2013) Implementasi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan penugasan menulis jurnal belajar untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo / Hanafia Al Faruq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif TPS jurnal belajar keterampilan metakognitif hasil belajar IPA. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas salah satunya bertujuan untuk membentuk siswa yang cakap kreatif dan mandiri sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang di dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan tersebut dapat tercapai jika siswa memiliki keterampilan metakognitif dan kemampuan kognitif yang baik. Membangun keterampilan metakognitif dan kemampuan kognitif dapat dilakukan melalui penggunaan strategi pembelajaran di kelas. Observasi awal dan wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) belum pernah diterapkan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 5 Probolinggo. Guru juga belum pernah melatih keterampilan metakognitif siswa. Penelitian dilakukan di kelas VIII A. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A masih belum mendapatkan hasil belajar yang memuaskan dan kurang memiliki keterampilan metakognitif. Upaya untuk mengatasi permasalahan di kelas VIII A adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan penugasan menulis jurnal belajar. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari peneliti dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo sebagai subyek penelitian. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa lembar observasi jurnal belajar tes essay dengan rubrik keterampilan metakognitif tes hasil belajar IPA inventori keterampilan metakognitif rating scale keterampilan metakognitif angket respons siswa dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahap-tahap mereduksi data memaparkan data dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA. Skor dan kategori keterampilan metakognitif siswa berdasarkan inventori mengalami peningkatan dari rata-rata 74 pada siklus 1 menjadi 85 pada siklus 2 dan kategori OK pada siklus 1 menjadi kategori Super pada siklus 2. Skor keterampilan metakognitif berdasarkan tes essay dengan rubrik juga meningkat dari rata-rata 68 pada siklus 1 menjadi 83 pada siklus 2 dengan kategori tetap yaitu OK. Pada hasil belajar peningkatan terjadi pada rata-rata kelas dari 77 pada siklus 1 menjadi 96 pada siklus 2 dengan ketuntasan klasikal yang meningkat dari 62% menjadi 100%. Siswa merespons positif pelaksanaan pembelajaran dengan skor rata-rata setiap indikator sebesar 4 12 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan penugasan menulis jurnal belajar dapat meningkatkan keterampilan metakognitif hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo. Siswa merespons positif terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Dengan demikian disarankan agar 1) guru menggunakan pembelajaran tersebut sebagai salah satu variasi dari model pembelajaran yang diterapkan 2) guru dapat membiasakan diri atau melatih siswa untuk menulis jurnal belajar 3) sekolah dapat mengambil kebijakan untuk menjadikan jurnal belajar sebagai salah satu bentuk penilaian formatif yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan membangun karakter siswa dan 4) tes kognitif dalam bentuk essay terstruktur hendaknya digunakan sebagai alat ukur keterampilan metakognitif selain menggunakan inventor keterampilan metakognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62607

Actions (login required)

View Item View Item