Rumanto, Urip Dwijo (2013) Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat, keterampilan inkuiri dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Gemarang / Urip Dwijo Rumanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci metode inkuiri terbimbing minat keterampilan inkuiri hasil belajar. Metode inkuiri terbimbing adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam penyelidikkan dengan bimbingan guru. Keadaan sebelum menggunakan metode inkuiri terbimbing menunjukkan persentase klasikal minat siswa kelas VIIIB SMPN 2 Gemarang untuk belajar IPA Biologi selama kelas VII semester satu sangat rendah yaitu sebesar 17 8%. Keterampilan inkuiri klasikal siswa kelas VIIIB rendah sebesar 5%. Rendahnya minat siswa kelas VIIIB pada matapelajaran IPA Biologi juga terjadi pada hasil belajar siswa hal ini ditunjukan dari data ulangan harian selama kelas VII semester satu persentase ketuntasan belajar IPA Biologi sebesar 10%. Tujuan penelitian ini mengkaji penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat keterampilan inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPA Biologi untuk pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup serta sistem gerak manusia pada siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 2 Gemarang. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB SMPN 2 Gemarang pada tanggal 17 September 2012 sampai 19 November 2012. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Tahapan PTK meliputi merencanakan tindakan melakukan tindakan melakukan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan enam instrumen penelitian antara lain (1) angket minat siswa (2) lembar observasi minat siswa (3) lembar observasi keterampilan inkuiri terbimbing siswa (4) lembar penilaian laporan praktikum siswa (5) soal tes akhir siklus (6) angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas VIIIB SMPN 2 Gemarang belajar IPA Biologi pada siklus 2 meningkat bila dibandingkan dengan siklus 1. Temuan penelitian ini diperkuat dengan data dari lembar observasi minat siswa yang menunjukkan minat siswa dalam memperhatikan materi pada siklus 2 mengalami peningkatan sebasar 22 3% dari pada siklus 1 sedangkan minat siswa pada saat praktikum pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 19 0 % dari pada siklus 1. Data pada siklus kedua menunjukkan semua siswa mendapat nilai minat diatas KKM. Keterampilan inkuiri terbimbing tahap memprediksi mengalami peningkatan sebesar 45 7% diikuti merumuskan masalah sebesar 29 4% dan keterampilan menyimpulkan meningkat sebesar 22 8%. Keterampilan praktikum mengalami peningkatan sebesar 16 8% diikuti dengan keterampilan pengolahan data meningkat sebesar 8 3%. Keterampilan pengumpulan data meningkat sebesar 6 5% sedangkan keterampilan hipotesis meningkat sebesar 5 4%. Keterampilan pengamatan tidak mengalami peningkatan dan penurunan karena keterampilan pengamatan pada siklus 1 dan 2 mendapat persentase nilai 100%. Hasil belajar siswa kelas VIIIB SMPN 2 Gemarang dalam belajar IPA Biologi pada siklus 2 meningkat bila dibandingkan dengan siklus 1.Temuan penelitian ini diperkuat dengan data yang menunjukkan pada siklus satu 1 siswa yang mendapat nilai tes di atas KKM sedangkan 22 siswa masih mendapat nilai tes dibawah KKM. Data pada siklus kedua menunjukkan 23 siswa mendapat nilai tes di atas KKM atau meningkat 95 7%. Penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan minat siswa keterampilan inkuiri siswa dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPA Biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62606 |
Actions (login required)
View Item |