Asti, A. Sri Wahyuni (2013) Pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di kelompok bermain Melati binaan UPTD SKB Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan / A. Sri Wahyuni Asti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci gambar seri kemampuan membaca anak Gambar seri sebagai media dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan bahasa anak yang dilakukan dengan menggunakan cerita secara berseri Anak dapat mengetahui makna serta menarik kesimpulan dari media pembelajaran tersebut kemudian dapat menguraikannya dalam bentuk bahasa reseptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat kemampuan membaca anak sebelum menggunakan gambar seri di Kelompok Bermain Melati Binaan UPTD SKB Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan 2) tingkat kemampuan membaca anak setelah menggunakan gambar seri di Kelompok Bermain Melati Binaan UPTD SKB Kabupaten Gowa PropinsiSulawesi Selatan dan 3) pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Binaan UPTD SKB Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimentl. Populasi dalam penelitian adalah anak didik di Kelompok Bermain Melati Binaan UPTD SKB Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 80 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling dan dihasilkan 40 anak. Pengumpulan data dilakukan melalui angket observasi dan dokumentasi untuk mengetahui kemampuan membaca anak dan mengukur variabel pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Data dianalisis dengan (1) statistik deskriptif dan (2) uji t (t-test). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Binaan UPTD SKB Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan t 6 114 dengan nilai sig 0.000 8804 945 0.05 menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Berdasarkan hasil penelitian di kelompok bermain Melati (1) pendidik hendaknya menggunakan gambar seri untuk mengetahui kemampuan membaca anak di kelompok bermain (2) peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian yang sejenis dengan variabel yang lebih kompleks dan populasi yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62604 |
Actions (login required)
View Item |