Rahmawati, Ika Dian (2013) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis aktivitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa kelas VI semester I / Ika Dian Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmawati Ika Dian. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas VI Semester I. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Agr. H. Moh. Amin S.Pd. M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci bahan ajar IPA berbasis aktivitas berpikir kritis karakter 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran IPA di SDN Ngoro 2 Jombang terbatas pada aspek produk. Pembelajaran yang terbatas pada aspek produk menyebabkan pembelajaran berbasis isi. Keberhasilan pembelajaran berbasis isi diukur dari banyaknya konsep yang berhasil dihafalkan oleh siswa akibatnya kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa belum berkembang. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar berbasis aktivitas. Bahan ajar berbasis aktivitas dapat melatih kemampuan berpikir kritis karena siswa dapat melakukan kegiatan dan pengetahuan yang menunjang berpikir kritis sedangkan guru dapat merencanakan pembelajaran yang sistematis dengan melibatkan keterampilan yang melatih berpikir kritis selama pembelajaran. Selain itu bahan ajar berbasis aktivitas mengarahkan siswa untuk melakukan pendidikan karakter melalui aktivitas belajar yang bermuatan karakter. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian adalah (1) mengembangkan bahan ajar IPA berbasis aktivitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa (2) menganalisis kelayakan bahan ajar hasil pengembangan sehingga bahan ajar tersebut layak digunakan oleh guru dan siswa di sekolah dan (3) menguji efektivitas bahan ajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa SD Kelas VI di SDN Ngoro 2 Jombang. 12288 12288 12288 12288 Tahap pengembangan menggunakan model 4D dengan prosedur penelitian meliputi define design develop dan disseminate. Validator ahli bahan ajar terdiri dari dua orang dosen Universitas Negeri Malang dan satu orang guru IPA. Validator keterbacaan terdiri dari 10 orang siswa. Hasil validasi pengembangan bahan ajar terdiri dari hasil validasi materi penyajian dan bahasa. Hasil penilaian validator materi sebesar 80 05% menyatakan valid. Hasil penilaian validator penyajian sebesar 76 16% menyatakan valid dan hasil penilaian validator bahasa sebesar 82 38% yang berarti valid sedangkan hasil uji keterbacaan oleh siswa juga diperoleh hasil yang valid 12288 12288 12288 12288 Uji keefektifan bahan ajar menggunakan rancangan pretes-postes non equivalent control group design. Sampel penelitian berasal dari siswa kelas VI SDN Ngoro 2 Jombang sebanyak 48 siswa. Kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan tes esai sedangkan karakter diukur melalui observasi. Analisis data menggunakan uji t sebelum menggunakan uji t dilakukan uji asumsi normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene s. Hasil pengembangan menunjukkan bahan ajar andal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter. Hasil eksperimen sebagai berikut. (1) bahan ajar berbasis aktivitas berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter. (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan karakter sebelum menggunakan bahan ajar dengan setelah menggunakan bahan ajar. Saran produk pengembangan masih perlu disempurnakan sebelum disebarkan lebih luas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62602 |
Actions (login required)
View Item |