Shinta, Raddin Nur (2013) Pengembangan modul pembelajaran bilangan bulat dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching ang Learning) untuk siswa kelas IV SD / Raddin Nur Shinta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Modul CTL Bilangan Bulat Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan semakin bervariasi pula bahan ajar yang dapat diberikan kepada siswa salah satunya yaitu modul. Berdasarkan survey dilapangan ternyata sebagian besar SDN yang ada di kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek salah satunya yaitu SDN 4 Malasan masih menggunakan buku paket dari pemerintah dan LKS yang masih bersifat drill soal. Dengan penggunaan bahan ajar tersebut kemampuan berfikir kreatif dan kritis serta kemandirian setiap siswa juga tidak dapat berkembang secara optimal sehingga kurang efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan tes awal yang diberikan kepada 17 siswa SDN 4 Malasan beberapa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Berdasarkan latar belakang tersebut sehingga dirasa perlu untuk mengembangkan modul bilangan bulat yang valid praktis dan efektif. Modul pembelajaran bilangan bulat ini dikembangkan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dimana dari beberapa penelitian sebelumnya pendekatan ini mampu mengatasi masalah yang terkait dengan operasi pada bilangan bulat. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan dari Plomp yang terbagi menjadi lima fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi (5) fase implementasi. Rancangan pengembangan modul ini akan mengadopsi sampai pada fase keempat. Instrumen penelitian yang disusun pada penelitian ini terdiri dari (1) angket respon ahli dan praktisi (2) angket siswa (3) lembar dan angket observasi (4) lembar tes. Produk pengembangan ini telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Ketercapaian kriteria valid tercermin dari angket validasi dari ahli dan praktisi dengan prosentase kevalidan yaitu 90 46%. Untuk data ketercapaian kriteria efektifitas modul diperoleh melalui skor uji kompetensi siswa dan ulangan harian serta ditentukan dari hasil aktivitas dan respon siswa. Skor setiap siswa pada uji kompetensi 1 dan 2 telah mencapai nilai 75 dengan ada satu siswa yang mendapat skor jauh di bawah 75 sehingga tidak dimasukkan dalam analisis data. Sedangkan prosentase ketuntasan ulangan harian yaitu 82 35% dan prosentase respon siswa yaitu 87 5%. Analisis data kepraktisan modul dilihat dari kekonsistenan skor pengisian angket dari validator dan observer. Skor rata-rata hasil validasi yaitu 3 6 (kriteria tinggi) dan skor pengisian angket dari observer yaitu 3 5 (kriteria tinggi). Karena sama-sama memiliki kriteria tinggi maka dapat disimpulkan bahwa modul hasil pengembangan ini praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62600 |
Actions (login required)
View Item |