Pengembangan mobile learning pada mata pelajaran geografi pokok bahasan siklus hidrologi untuk kelas X SMA Islam Malang / Luthfie Surya Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning pada mata pelajaran geografi pokok bahasan siklus hidrologi untuk kelas X SMA Islam Malang / Luthfie Surya Rahman

Rahman, Luthfie Surya (2016) Pengembangan mobile learning pada mata pelajaran geografi pokok bahasan siklus hidrologi untuk kelas X SMA Islam Malang / Luthfie Surya Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman LuthfieSurya. 2016. Pengembangan Mobile LearningPada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Siklus Hidrologi Untuk Kelas X SMA Islam Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saidah Ulfa S.T M.Edu. Ph.D (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Mobile Learning Geografi Siklus Hidrologi Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara guru dengan siswa baik interaksi secara langsung seperti kegiatan tatap muka maupun secara tidak langsung tanpa dibatasi tempat ruang dan waktu. Pembelajaran tanpa dibatasi tempat ruang dan waktu dapat terwujud dengan konsep pembelajaran berbasis mobile atau disebut dengan mobile learning. Konsep mobile learning yaitu menempatkan penekanan pada mobilitas pelajar dan mobilitas pembelajaran serta mengutamakan pengalaman peserta didik ketika belajar dengan perangkat mobile. Artinya pengguna dapat mengakses informasi atau materi yang tersedia dimana saja dan juga kapan saja. Untuk itu diperlukan suatu tambahan (suplemen)mobile learning untuk melengkapi kebutuhan belajar siswa akan pokok bahasan siklus hidrologi yang merupakan materi cukup sulit. Dikarenakan materi ini cukup abstrak untuk diamati secara langsung sehingga siswa kesulitan untuk memvisualisasikan proses terjadinya siklus hidrologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran berbasis mobile pada mata pelajaran georafi pokok bahasan siklus hidrologi kelas X SMA Islam Malang. Bentuk produk yang dihasilkan berupa sebuah aplikasi .apkberisikan materi dengan visualisasi menarik serta konten yang edukasional dalam berupa teks gambar animasi audio dan video. Dilengkapi fitur kuis yang bersifat sebagai latihan singkat. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research andDevelopment(R D) hasil adaptasi dari Borg andGall (1983). Langkah-langkah pengembangan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahapan tersebut antara lain (1) ReseacrhInformationCollecting (2) Planning (3) DevelopmentPreliminaryFormOfProduct (4) PreliminaryFieldTesting (5) MainProductRevision (6) MainFieldTesting (7) RevisionandFinalProduct. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa siswa kelas X SMAatau yang mengikuti mata pelajaran Geografi. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan mobile learning ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 87 5% ahli materi 95% uji coba kelompok kecil 82 77% uji coba kelompok besar 86 83%.Selain itu terdapat isi-isi perbaikan diantaranya perbaikan yang diperoleh dari ahli media adalah perbaikan dari sisi tombol navigasi untuk lebih diperakurat. Ahli materi menyarankan untuk memperbaiki konten pada video animasi. Sedangkan pada audience menyarankan untuk memperbaiki kualitas gambar yang kurang jelas. Dengan demikian produkmobile learningsiklus hidrologi yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item