Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui disiplin dan motivasi (Studi pada siswa kelas X dan XI SMKN 1 Banyuwangi) / Yudi Wahytu Prabasangka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui disiplin dan motivasi (Studi pada siswa kelas X dan XI SMKN 1 Banyuwangi) / Yudi Wahytu Prabasangka

Prabasangka, Yudi Wahyu (2013) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui disiplin dan motivasi (Studi pada siswa kelas X dan XI SMKN 1 Banyuwangi) / Yudi Wahytu Prabasangka. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pola asuh orang tua disiplin motivasi prestasi belajar IPS Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berguna bagi pembangunan. Tolok ukur keberhasilan siswa di dunia pendidikan yang sering digunakan adalah prestasi belajar. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagian dari kurikulum sekolah yang bertanggungjawab membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan keterampilan sikap dan nilai dalam bermasyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan sekolah khususnya pada Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Banyuwangi guna meningkatkan prestasi belajar IPS dengan ditunjang dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang memadai. Namun meskipun demikian masih terjadi penurunan prestasi belajar IPS. Penelitian ini mengamati faktor kemungkinan yang mempengaruhi nilai prestasi belajar IPS yaitu tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui disiplin dan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar 2) mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS 3) mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar 4) mengetahui pengaruh langsung disiplin belajar prestasi belajar IPS 5) mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS 6) mengetahui pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui disiplin belajar 7) mengetahui pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan obyek penelitian siswa kelas X dan XI SMKN 1 Banyuwangi. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Berdasarkan tekhnik ini diperoleh 278 sampel yang proporsional sehingga dapat mewakili seluruh program keahlian di kelas tersebut. Tekhnik pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner dan dokumen. Pengambilan data pola asuh orang tua disiplin belajar dan motivasi belajar menggunakan instrumen kuesioner yang telah lulus uji validitas dan uji reliabel. Data prestasi belajar IPS diperoleh dari instrumen dokumen berupa buku raport atau buku induk. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis jalur. Analisis statistik deskriptif bertujuan untuk menginterpretasikan data yang diperoleh. Analisis jalur bertujuan untuk mengetahui jalur yang paling efektif untuk mencapai tujuan akhir yaitu prestasi belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh langsung secara signifikan antara pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Hal ini berarti jika pola asuh orang tua makin baik maka disiplin belajar siswa juga baik 2) tidak ada pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa. Hal ini berarti meskipun makin baik pola asuh orang tua tidak akan mempengaruhi pada peningkatan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini disebabkan banyak faktor kemungkinan seperti yang dijabarkan pada bab pembahasan dan akan diteliti lebih lanjut pada penelitian berikutnya 3) ada pengaruh langsung secara signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan jika pola asuh orang tua makin baik maka motivasi belajar siswa juga semakin baik 4) ada pengaruh langsung secara signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini berarti jika disiplin belajar siswa baik atau meningkat maka prestasi belajar IPS juga baik atau meningkat 5) tidak ada pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini berarti meskipun motivasi belajar siswa makin baik tidak akan mempengaruhi prestasi belajar IPS menjadi baik maka dari perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kemungkinan faktor-faktor penyebabnya 6) ada pengaruh tidak langsung secara signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui disiplin belajar. Hal ini berarti jika pola asuh meningkat maka disiplin belajar juga meningkat yang pada akhirnya juga berdampak meningkatkan prestasi belajar IPS siswa 7) tidak ada pengaruh secara tidak langsung antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Pola asuh orang tua makin baik akan berdampak baik hanya pada motivasi belajar tidak berdampak pada prestasi belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan beberapa saran antara lain 1) melalui kerja sama sekolah orang tua sebaiknya meningkatkan pola asuhnya agar terbentuk disiplin belajar yang baik dan pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar IPS 2) pihak sekolah agar lebih proaktif dalam menjalin kerja sama dengan orang tua atau wali murid dalam meningkatkan pola asuh dan menciptakan kondisi sekolah yang berbudaya disiplin sehingga akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar terutama IPS 3) guru bidang studi IPS sebaiknya meningkatkan disiplin belajar siswa dengan segala kreativitas yang dimiliki agar prestasi belajar IPS siswa meningkat 4) upaya peningkatan prestasi belajar IPS hendaknya terus digalakkan dari berbagai faktor misalnya kepada guru IPS agar selalu berinovasi dan berorientasi pada metode pembelajaran yang tepat efektif dan disukai siswa 5) upaya peningkatan prestasi belajar IPS hendaknya juga didukung sekolah sepenuhnya seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sarana pembelajaran 6) peneliti selanjutnya atau pihak manapun terutama yang berkepentingan supaya menindaklanjuti dengan penelitian lanjutan terkait dengan hasil temuan yang menyimpang dari kajian teori sehingga ditemukan penyebabnya secara obyektif dan ilmiah 7) temuan penelitian yang diperoleh diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang sebagai bahan pelengkap referensi guna menunjang penelitian terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62598

Actions (login required)

View Item View Item