Suprihatin, Triyani (2013) Perbedaan efikasi diri, motivasi berprestasi, dan hasil belajar IPS menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan media video (studi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kraksaan) / Triyani Suprihatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PembelajaranBerbasisMasalahdengan media video Efikasidiri MotivasiBerprestasi danHasilBelajar Mata pelajaran IPS di SMP menekankanpadapemberianpengalamanbelajarsecaralangsungdenganlingkungan. PembelajaranBerbasisMasalahadalahsalahsatu model pembelajaran yang dapatditerapkandalampembelajaranIPSdanditambahkandengan media video inidiharapkansiswasemakinpahamdanmudahuntukmengertimateri yang disampaikan.Salah satufaktor yang mempengaruhihasilbelajarsiswaadalahefikasidiridanmotivasiberprestasi. Siswadenganefikasidirirendahmungkinakanmenghindaripelajaran yang banyaktugasnyasedangkansiswa yang mempunyaiefikasidiritinggilebihpercayadiridalammengerjakantugas-tugasnya. Siswa yang memilikimotivasiberprestasitinggitidakmudahmenyerahdalammenghadapikesulitan. Siswa yang mengalamimotivasiberprestasirendahakanberdampakpadahasilbelajarnya. Tujuanpenelitianini 1) MengetahuikeadaanEfikasidiri Motivasiberprestasi danHasilbelajarsiswa yang diajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media videodantanpa media video 2) Mengetahuiperbedaanefikasidirisiswa yang belajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video 3) Mengetahuiperbedaanmotivasiberprestasisiswa yang belajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video 4) Mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswa yang belajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video. Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudanmenggunakanpendekatankuantitatifdengan model Nonequivalent Control Group. Desainpenelitianiniakanmengkajiduavariabelyaituvariabelbebasdanvariabelterikat. SebagaivariabelbebasnyaadalahPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video danvariabelterikatnyaadalahefikasidiri motivasiberprestasidanhasilbelajar. PopulasipenelitianadalahsiswakelasVIII SMP Negeri I Kraksaantahunajaran 2012-1213. Sampel yang digunakanberjumlah 56 siswa (2 kelas).Instrumen yangdigunakanadalahtesangket yang berbentukskalaLikert (Tesangketefikasidiridanmotivasiberprestasi)dantestulisberbentukpilihangandayaitu pre teshasilbelajardilakukanpadaawalpenelitian.Sedangkanpadaakhirpenelitian yaituposteshasilbelajar.Sebeluminstrumentersebutdigunakandilakukanujivaliditas ujireliabilitas ujitingkatkesukaransoal danujidayabedasoal. Hipotesispenelitianinidianalisismenggunakananalisis Paired Sample t-tesdenganbantuan SPSS for Windows versi 16.0. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) KeadaanEfikasidiri Motivasiberprestasi danHasilbelajarsiswa yang diajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media videolebihtinggidaripadaPembelajaranBerbasisMasalahtanpa media video (2)Efikasidirisiswayang belajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video lebihtinggidaripadasiswa yang belajardenganPembelajaranBerbasisMasalahtanpa media video (3) Motivasiberprestasisiswa yang belajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video lebihtinggidaripadasiswa yang belajardenganPembelajaranBerbasisMasalahtanpamedia video (4) Hasilbelajarsiswa yang belajarmenggunakanPembelajaranBerbasisMasalahdengan media video lebihtinggidaripadasiswa yang belajardenganPembelajaranBerbasisMasalahtanpa media video.Perludilakukanpenelitianlebihlanjutdengancakupanpopulasilebihluas misalseluruhsiswaSMP se-kabupaten/kotaolehcalonpeneliti yang akandatang agar data yang diperolehlebih valid sehinggahasilpenelitiannyalebihakuratjikadigeneralisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62597 |
Actions (login required)
View Item |