Astuti, Yuli (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas VII SMP Negeri 5 Probolinggo / Yuli Astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci perangkat pembelajaran IPA inkuiri terbimbing pembelajaran kooperatif keterampilan proses IPA Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) Buku Siswa dan instrumen penilaian. Rancangan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan pengembangan model 4-D (Four D model). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah melalui tahap validasi oleh tiga validator dan telah diujicobakan secara terbatas pada siswa kelas VII F SMP Negeri 5 Probolinggo. Data penelitian ini adalah hasil validasi dari validator dan hasil uji coba. Hasil validasi RPP pada unsur perumusan tujuan pembelajaran 81 3% pemilihan dan pengorganisasian materi ajar 77 1% pemilihan sumber belajar/media pembelajaran 75% metode pembelajaran 77 8% dan penilaian hasil belajar 66 7%. Hasil validasi LKS pada unsur kelayakan konstruksi 81 3% unsur kelayakan penyajian 75% dan unsur komponen keterampilan proses 76 7%. Hasil validasi Buku Siswa pada unsur kelayakan isi 75% unsur kebahasaan 72 2% unsur sajian 75% dan unsur kegeografisan 72 9%. Hasil validasi instrumen penilaian pada ranah materi 80 6% ranah konstruksi 78 3% dan ranah bahasa 75%. Secara umum hasil validasi perangkat pembelajaran hasil pengembangan berkategori baik sehingga perangkat pembelajaran hasil pengembangan ini layak digunakan. Hasil uji coba aktivitas siswa yang menonjol adalah melakukan eksperimen 22 1% respon siswa positif pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru secara umum baik. Rata-rata tes hasil belajar kognitif meningkat dari 37 3 menjadi 85 13 rata-rata tes hasil belajar psikomotor untuk kemampuan menggunakan termometer meningkat dari 17 6 menjadi 98 1 sedangkan kemampuan menggunakan stopwatch meningkat dari 58 3 menjadi 100. Penilaian keterampilan proses di setiap kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Kekuatan perangkat pembelajaran yang telah disusun adalah perangkat pembelajaran disusun sistematis untuk digunakan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan perangkat pembelajaran disusun dengan penciptaan tugas di dalamnya Adapun kelemahan perangkat pembelajaran ini adalah perangkat pembelajaran disusun hanya berdasarkan karakteristik siswa SMP Negeri 5 Probolinggo dan perangkat pembelajaran disusun dengan menggunakan bahasa Inggris mungkin masih terdapat kesalahan bahasa sehingga kurang dipahami oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62596 |
Actions (login required)
View Item |