Nuriyah, Siti (2013) Pengaruh penggunaan multimedia terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS (sejarah) di SMP Negeri II Blitar / Siti Nuriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci multimedia minatBelajar hasilBelajar. SejarahsebagaibagianmatapelajaranIlmuPengetahuanSosialkelas VII khususnyapadamaterizamanpraaksara kehidupanmanusiapadamasapraaksara peninggalanzamanpraaksara memerlukan media yang dapatmemperjelaskonsepmateri yang disajikan. Media yang palingtepatadalahgambar foto dan media visual lainnya. Penelitianinidimaksudkanuntukmembuktikanadapengaruhpenggunaan multimedia terhadapminatbelajarsiswaantarakelompok yang menggunakan multimedia dengankelompoktanpamenggunakan multimedia danuntukmembuktikanadaperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelompok yang menggunakan multimedia dengankelompoksiswatanpamenggunakan multimedia dalampembelajaran. Hipotesis yang diujidalampenelitianyaitu (1) adaperbedaanminatbelajarsiswaantarakelompoksiswa yang belajardenganmenggunakan multimedia dengankelompoksiswa yang belajartanpamenggunakan multimedia (2) )adaperbedaanhasilbelajarsiswaantarakelompoksiswa yang belajardenganmenggunakan multimedia dengankelompoksiswa yang belajartanpamenggunakanmultimedia Untukmengujihipotesis penelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekataneksperimensemu (Quasi eksperiment). Variabelpenelitian yaitu (1) variabelterikatadalahminatbelajar(Y1) danhasilbelajar(Y2) (2) variabelbebasadalah multimedia.Validitas yang digunakanadalahvaliditasdanreliabilitasmenggunakanCronbach s Alpha. Data hasilbelajarsiswadiukurdenganmenggunakanteshasilbelajar data minatbelajardenganangketminatbelajar. Data hasilpengukurantersebutselanjutnyadianalisisdenganmenggunakanAnavadenganbantuankomputer program SPSS for windowsversi 18. Skorteshasilbelajar IPS ditentukanberdasarkanperbedaanskorpascatesdanskor prates ataugain skor(skorpascatesdarimasing-masingsubjekdikurangiskor prates). Gain skormenggambarkanhasilbelajar IPS darisemuasubjek baikkelaseksperimenmaupunkelaskontrol. Data minatbelajarberupaangketminatbelajarterdiridari 34 pernyantaandenganpilihanjawaban (1) sangattidaksetuju (2) tidaksetuju (3) raguragu (4) setuju (5) sangatsetuju. Berdasarkanhasilanalisis data dengananalisaAnavamenunjukkanbahwapenggunaan multimedia (x) berpengaruhsecarasignifikanterhadapminatbelajar dapatdilihatbahwanilaisignifikansi 0.000 yang kurangdari alpha (0 05) yang terdapatpeningkatanminatbelajarsiswa yang signifikanbaikpadakelaskontrolmaupunkelaseksperimen Dari hasilanalisisTwo Way ANOVA (ujiAnavaduaarah) dapatdilihatbahwanilaisignifikansi 0.000 yang kurangdari alpha (0.05) yang artinyaterdapatpeningkatanhasilbelajarsiswa yang signifikanbaikpadakelaskontrolmaupunkelaseksperimen. Penggunaan multimedia (X) secarasignifikanberpengaruhterhadapminat (Y1) danhasilbelajar (Y2).Penggunaan multimedia dalampembelajaransangatefektifdanberdayaguna terutamabiladisajikandengantepatakanmemilikidampaksignifikanterhadaphasilbelajar. Pembelajarandenganmenggunakan multimedia secarasignifikanberpotensimembantumengaksessecaraluaspengetahuandaninformasidalampembelajaran mempertinggipengalamanbelajar sertasecaraefektifakanmeningkatkanminatdanhasilbelajardalampelajaran IPS. Dengandemikian guru diharapkanmampumengembangkansifatkreatifdaninovatifdalammenyajiakanmateripelajaran IPS denganmenggunakan multimedia berbasiskomputer agar dapatmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswadalampelajarantersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62594 |
Actions (login required)
View Item |