Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui kajian tembang macapat (studi kasus pada siswa kelas VII di SMP N 1 Ponorogo) / Ari Aromandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui kajian tembang macapat (studi kasus pada siswa kelas VII di SMP N 1 Ponorogo) / Ari Aromandani

Aromandani, Ari (2013) Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui kajian tembang macapat (studi kasus pada siswa kelas VII di SMP N 1 Ponorogo) / Ari Aromandani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan karakter pembelajaran IPS tembang macapat. Penelitian pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui kajian tembang Macapatdi SMP N 1 Ponorogo ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam proses belajar mengajar (PBM) IPS melalui budaya lokaldi SMPN 1 Ponorogo. Ada tiga fokus dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana bentuk pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui kajian tembang Macapatdi SMPN 1 Ponorogo (2) nilai karakter apakah yang terkandung di dalam teks tembang Macapat (3)bagaimana implementasi nilai karakter tembang Macapat dalam kehidupan sehari-hari siswa SMPN 1 Ponorogo . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus karena lebih memperhatikan proses daripada hasil dan peneliti sebagai instrumen utama. Beberapa teknik digunakan untuk mengumpulkan data yaitu (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Wawancara kepada guru BK untuk mengetahui bagaimana pengembangan pendidikan karakter di SMPN 1 Ponorogo wawancara kepada siswa dan orang tua siswa untuk mengetahui implementasi nilai karakter tembang Macapat dalam kehidupan sehari-hari wawancara terhadap dalang untuk mengetahui kandungan nilai karakter dalam tembang Macapat. Teknik observasi dilakukan untuk mengetahui sikap/perilaku yang menunjukkan karakter siswa selama di sekolah dan di rumah serta teknik dokumentasi untuk mengkaji nilai esensial pendidikan karakter dalam tembang Macapat. Data yang telah diperoleh kemudian diuji lagi dengan menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi metode sumber dan teori serta member check(pengecekan keanggotaan). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS melalui kajian tembang Macapat dilakukan dalam tiga kali pertemuan serta tiga tahap yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari penyusunan silabus RPP Media dan Bahan Ajar. Tahap Pelaksanaan terdiri dari pendahuluan inti dan penutup. Terakhir yaitu evaluasi dengan teknik tes tertulis dan lembar observasi. Masing-masing tahap telah diberi muatan nilai karakter religius bertanggungjawab dan jujur. (2) tembang Macapat mengandung banyak nilai karakter yang dapat diinternalisasikan dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa SMPN 1 Ponorogo. Pada penelitian ini tembang Macapat yang digunakan adalah Pucung dan Kinanthi yang mengandung nilai karakter seperti jujur bertanggungjawab dan religius (3) implementasi nilai karakter tembang Macapat dalam kehidupan sehari-hari siswa belum memberikan hasil yang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa di kelas dan di rumah. Hasil observasi di kelas selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa indikator nilai karakter religius yang sering ditunjukkan siswa adalah berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran indikator nilai karakter jujur yang sering ditunjukkan siswa adalah menyampaikan laporan/tugas sesuai dengan prosedur dan jujur. Terakhir indikator nilai karakter bertanggungjawab yang sering ditunjukkan siswa adalah hadir di kelas tepat waktu dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hasil observasi yang dilakukan oleh orang tua selama di rumah menunjukkan bahwa indikator nilai karakter religius yang sering ditunjukkan oleh siswa adalah beribadah di rumah dan menunjukkan sikap kasih sayang indikator nilai karakter tanggungjawab yang sering ditunjukkan siswa adalah belajar setiap malam dan mengerjakan PR sekolah. Terakhir indikator nilai karakter jujur yang sering ditunjukkan siswa adalah berkata apa adanya pada anggota keluarga di rumah dan menepati janji. Berdasarkan pada kesimpulan hasil penelitian di atas maka dapat disarankan kepada beberapa pihak yaitu bagi sekolah bagi peserta didik bagi peneliti dan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62592

Actions (login required)

View Item View Item