Pengaruh pola asuh orangtua dan perkembangan sosioemosional terhadap keterampilan sosial anak (studi empiris pada anak usia dini di TK B Restu I Malang tahun ajaran 2012/2013) / Wulan Patria Saroinsong - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola asuh orangtua dan perkembangan sosioemosional terhadap keterampilan sosial anak (studi empiris pada anak usia dini di TK B Restu I Malang tahun ajaran 2012/2013) / Wulan Patria Saroinsong

Saroinsong, Wulan Patria (2013) Pengaruh pola asuh orangtua dan perkembangan sosioemosional terhadap keterampilan sosial anak (studi empiris pada anak usia dini di TK B Restu I Malang tahun ajaran 2012/2013) / Wulan Patria Saroinsong. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pola asuh orangtua perkembangan sosioemosional keterampilan sosial. Keterampilan sosial merupakan salah satu aspek yang penting dalam masa perkembanagn anak sehingga perlu adanya stimulasi sejak dini karena akan mempengaruhi pola interkasi sosial anak dengan lingkungan dan masa depannya. Masalah yang muncul pada umumnya anak cenderung memiliki sikap agresif dan kurang mampu untuk mengemukakan pendapat mereka terhadap orangtua guru dan teman. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial diantaranya pola asuh orangtua dan perkembangan sosioemosional. Kedua faktor tersebut merupakan aspek yang penting dalam proses stimulasi untuk mengasah keterampilan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan perkembangan sosioemosionalterhadap keterampilan sosial anak. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK B (usia 5-6 Tahun) Restu I Malang yang berjumlah 129 anak. untuk pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampel acakdan dihasilkan 120 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi dimana penyebaran angket bertujuan untuk mengukur pola asuh orangtua dan lembar observasi bertujuan untuk mengukur perkembangan sosioemosional dan keterampilan sosial anak. Data diuji analisis menggunakan regresi berganda dan anova satu jalur. Rancangan penelitian ini adalah ex post facto. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh pola asuh orangtua (X1) dan perkembangan sosioemosional (X2) terhadap keterampilan sosial (Y) anak di TK B Restu I Malang baik secara parsial ataupun simultan. Hal ini bisa dilihat pada hasil uji parsial dimana t hitung (1.770) t tabel (1.658) dan secara simultan diperoleh hasil F hitung (16.991) F tabel (4.820). untuk hasil uji anova satu jalan (one way anova) menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan keterampilan sosial (Y) pada anak TK B Restu I Malang berdasarkan dimensi pola asuh orangtua (X1) yang terdiri atas pola asuh otoriter(X1.1) permisif(X1.2) dan demokratis(X1.3). Hal ini bisa dilihat pada hasil uji beda dimana F hitung 2.521 F tabel 4.820 atau Sig 0.085 0.05. Berdasarkan hasil analisis data diatas disarankanpada penelitian selanjutnya kiranya penelitian ini bisa dilanjutkan untuk penelitian yang berkaitan dengan keterampilan sosial pada skala populasi yang lebih besar dan variabel penelitian yang lebih kompleks seperti faktor gizi teman sebaya media pembelajaran media komunikasi (TV) metode bermain metode pembelajaran dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62591

Actions (login required)

View Item View Item