Penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan sosial (studi pada anak kelompok B6 TK Inviolata di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur) / Maria Fatima Mardina Angkur - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan sosial (studi pada anak kelompok B6 TK Inviolata di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur) / Maria Fatima Mardina Angkur

Angkur, Maria Fatima Mardina (2013) Penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan sosial (studi pada anak kelompok B6 TK Inviolata di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur) / Maria Fatima Mardina Angkur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode bermain peran (role playing) keterampilan sosial anak didik. Permasalahan pokok yang dialami guru ialah sulit meningkatkan keterampilan sosial anak didik. Oleh karena itu guru bersama peneliti menerapkan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan sosial tersebut. Berdasarkan kondisi tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B6 TK Inviolata Ruteng 2) apakah penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B6 TK Inviolata Ruteng dan 3) apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode bermain peran (role playing). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Tahapan dari kedua siklus tersebut adalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B6 TK Inviolata Ruteng yang berjumlah 18 orang. Instrumen dan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) tahapan metode bermain peran yang dapat meningkatkan keterampilan sosial dalam penelitian ini adalah pemanasan memilih pemain menata panggung memilih pengamat pemeranan diskusi dan evaluasi pemeranan ulang dan kesimpulan 2) penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B6 TK Inviolata Ruteng. Hal tersebut dapat dilihat dari skor persentase keterampilan sosial anak pada siklus 1 yang tertinggi adalah 57 14 % dan yang terendah adalah 42 85 % meningkat kearah yang positif pada siklus 2 dengan skor persentase tertinggi adalah 85 71 % dan skor terendah adalah 71 42 % dan 3) faktor pendukung alokasi waktu dan arahan guru faktor penghambat pemahaman guru tentang metode bermain peran (role playing). Saran penelitian ini adalah 1) guru TK hendaknya menerapkan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dan 2) peneliti selanjutnya hendaknya meneliti keefektifan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial melalui penelitian eksprerimental.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62589

Actions (login required)

View Item View Item