Ekarini, Sulistyo (2013) Pengaruh strategi belajar Think-Predict-Observe-Explain-Write (TPOEW) terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyuwangi / Sulistyo Ekarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci TPOEW keterampilan berpikir kritis prestasi belajar IPA Masalah pendidikan IPA di Indonesia terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA masih belum optimal. Proses pembelajaran belum sepenuhnya dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis seperti memahami makna yang dipelajari dan menggunakan konsep untuk memecahkan masalah sehari-hari. Implementasi Think-Predict-Observe-Explain-Write (TPOEW) diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA antara siswa yang belajar dengan strategi TPOEW dan strategi konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyuwangi tahun akademik 2011/2012 yang terdiri dari 7 kelas. Dua kelas dipilih sebagai sampel secara Simple Random Sampling. Kelas eksperiment IXA menggunakan model pembelajaran TPOEW dan kelas kontrol IXC menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui tes prestasi belajar IPA dan tes keterampilan berpikir kritis. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan dilanjutkan dengan uji Tukey tetapi sebelumnya harus diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keterampilan berpikir kritis P value (Sig.(2-tailed)) 0.058 dan prestasi belajar IPA P value (Sig.(2-tailed)) 0.064 pada nilai t hitung 1.933 untuk keterampilan berpikir kritis dan nilai t hitung 1.890 untuk prestasi belajar IPA dimana t tabel 1.680. Hasil penelitian nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 72.82 dan kelas kontrol sebesar 64.09 dan nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa kelas eksperimen sebesar 65.89 dan kelas kontrol sebesar 58.57. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa yang signifikan antara siswa yang belajar dengan strategi belajar TPOEW dengan siswa yang belajar dengan model konvensional serta strategi belajar TPOEW secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa daripada pembelajaran model konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62587 |
Actions (login required)
View Item |