Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Cirecle Time) untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan sosial anak (Studi pada anak kelompok B1 TK Sang Timur Malang tahun ajaran 2012/2013) / Ferdinandus Arifin Sulaiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Cirecle Time) untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan sosial anak (Studi pada anak kelompok B1 TK Sang Timur Malang tahun ajaran 2012/2013) / Ferdinandus Arifin Sulaiman

Sulaiman, Ferdinandus Arifin (2013) Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond Center and Cirecle Time) untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan sosial anak (Studi pada anak kelompok B1 TK Sang Timur Malang tahun ajaran 2012/2013) / Ferdinandus Arifin Sulaiman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan bahasa anak kemampuan sosial anak pendekatan beyond centers and cirles time (BCCT). Kemampuan bahasa dan kemampuan sosial merupakan dua aspek perkembangan anak usia dini. Kedua aspek perkembangan ini sangat penting untuk distimulasi sejak dini. Bantuan yang diberikan pendidik sangat diperlukan agar tingkat perkembangan anak tercapai. Hasil wawancara dan observasi awal di kelompok B1 TK Sang Timur Malang ditemukan bahwa dalam penggunaan metode mengajar guru cenderung kurang melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam belajar. Pembelajaran anak usia dini cenderung dilakukan secara formal dengan orientasi pada guru serta penekanan pada kemampuan membaca menulis berhitung pemberian lembar kerja dan pekerjaan rumah secara formal. Anak cenderung pasif tidak bisa berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya anak tidak bisa mengembangkan sikap toleran sikap kooperatif dan anak tidak bisa menikmati masa-masa bermain sebagai karakteristik mereka. Kegiatan pembelajaran seperti ini tidak membantu anak untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan mereka. Salah satu pendekatan pembelajaran berbasis perkembangan yang dapat memembantu mengembangkan kemampuan bahasa dan kemampuan sosial adalah pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi pendekatan BCCT untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan kemampuan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B1 TK Sang Timur Malang dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dokumentasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui implementasi pendekatan BCCT untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan sosial anak. Tingkat implementasi pendekatan BCCT di Kelompok B1 TK Sang Timur Malang dapat diketahui dengan menggunakan alat penilaian kinerja guru. Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan dalam empat pertemuan untuk empat sentra yakni sentra balok sentra persiapan sentra bahasa dan sentra alam. Implementasi pendekatan pembelajaran BCCT telah dilaksanakan dengan persentase penerapan sebesar 79.37 % pada siklus I dan 90.26% pada siklus II. Persentase penerapannya dilihat dari penilaian atau observasi observer yang diisi dalam penilaian terhadap kinerja guru baik dalam perancangan pembelajaran maupun dalam penerapan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pendekatan BCCT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran BCCT dapat mengembangkan kemampuan bahasa dan sosial anak. Pada siklus I persentase ketercapaian perkembangan bahasa anak mencapai 80.94 % dan mengalamai peningkatan pada siklus II sebesar 9.96 % menjadi 90.90 %. Sedangkan pada perkembangan sosial anak persentase ketercapaian perkembangan sosial anak meningkat sebesar 2.63 % yakni pada siklus I sebesar 83.72 % sedangkan pada siklus II menjadi 86.35 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan BCCT dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan sosial anak. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar para guru perlu dilatih untuk memiliki pengetahuan tentang pendekatan BCCT secara komprehensif sehingga dapat mengimplementasikannya dengan baik. Lembaga PAUD juga disarankan untuk menyediakan sarana dan prasarana bermain sebagai syarat utama terimplementasinya pendekatan pembelajaran BCCT ini. Selain itu peneliti juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang sama terutama untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan lain pada anak selain perkembangan bahasa dan sosial anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62586

Actions (login required)

View Item View Item