Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran nilai cinta damai berbasis model pembelajaran triprakoro pada kelas V sekolah dasar / Zatti Finali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran nilai cinta damai berbasis model pembelajaran triprakoro pada kelas V sekolah dasar / Zatti Finali

Finali, Zetti (2013) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran nilai cinta damai berbasis model pembelajaran triprakoro pada kelas V sekolah dasar / Zatti Finali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model Triprakoro Nilai Cinta Damai Pengembangan pembelajaran berupa pengembangan RPP yang lengkap dirasa sangat sesuai untuk acuan membelajarkan PKn yang seharusnya lebih menonjolkan afektif dan tanpa meninggalkan kognitif maupun psokomotor. RPP yang sesuai dengan pembelajaran nilai dan karakter adalah RPP yang berorientasi pada Model Triprakoro. Adapun langkah-langkah Model Triprakoro tersebut yakni klarifikasi nilai perlibatan siswa dengan nilai yang berlawanan refleksi atas kegiatan perlibatan siswa dengan nilai yang berlawanan berpikir solutif perlibatan siswa dengan nilai yang dikembangkan refleksi atas kegiatan perlibatan siswa dengan nilai yang dikembangkan dan pemberian pesan-pesan moral. Pengembangan RPP berorientasi nilai cinta damai berdasarkan model pembelajaran Triprakoro pada penelitian ini difokuskan untuk menginternalisasikan nilai cinta damai. Cinta damai adalah nilai yang mengedepankan suatu sikap dan tindakan yang membuat orang lain senang dengan memperhatikan kata tolong maaf dan terima kasih dalam setiap konteks kehidupan. Pengembangan RPP berbasis Model Triprakoro pada penelitian ini dirancang dengan modifikasi Model Pengembangan Borg Gall. Secara garis besar langkah penelitian dan pengembangan yaitu 1) Studi Pendahuluan 2) Perencanaan 3) Desain Produk 4) Validasi Produk 5) Uji Coba Lapangan dan 6) Produk Akhir. Hasil penelitian dan pengembangan RPP berbasis Model Triprakoro untuk pembelajaran nilai cinta damai menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil hasil validasi keterlaksanaan atau kepraktisan dan keefektifan yang diukur dari hasil belajar. Beberapa hal yang disarankan untuk penggunaan RPP berbasis Model Triprakoro ini yakni diharapkan guru memahami karakteristik RPP yang berdasarkan model Triprakoro ini hal tersebut dapat dilihat pada petunjuk implementasi. Selain itu agar lebih variatif guru disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dalam mengimplementasikan RPP. Berdasarkan serangkaian kegiatan dalam penelitian dan pengembangan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa RPP berbasis Model Triprakoro telah layak praktis dan efektif digunakan dalam mata pelajaran PKn kelas V SD untuk pembelajaran nilai cinta damai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62585

Actions (login required)

View Item View Item